BERITA

BNPB Tambah Helikopter Pemadam Kebakaran Hutan

BNPB Tambah Helikopter Pemadam Kebakaran Hutan

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah helikopter untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera.

Total helikopter yang dikerahkan saat ini berjumlah 16 helikopter.


Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan selain menambah jumlah helikopter, BNPB juga menyalurkan dana operasional ke BPBD, TNI, dan Polri untuk operasional pemadam pembakaran hutan dan lahan.


"BNPB menambah, yang awalnya 13 helikopter menjadi 16 helikopter. Kemudian, kemarin kita salurkan juga dana operasional bagi petugas yang ada dilapangan baik BPBD, TNI dan Polri untuk membantu pemadaman," kata Sutopo.


BNPB mengerahkan banyak helikopter diantaranya jenis Sikorsky, MI 171, dan Camov untuk pemadaman melalui udara (water bombing). Sebelumnya BNPB juga sempat menggunakan heli Bell 214, namun ditarik karena kapasitas air yang dibawa terlalu sedikit.


Selama periode Juli hingga Agustus lalu, BNPB sudah mengguyurkan lebih dari 9 juta liter air melalui heli untuk kebakaran di Riau saja.


Sutopo mengatakan saat ini BNPB fokus pada pendanaan dan upaya pemadaman titik api (hotspot) baik melalui udara maupun darat.


BNPB menyiapkan dana siap pakai sebesar Rp385 miliar yang akan digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di seluruh daerah di Indonesia.


Mengenai evakuasi korban asap, BNPB belum mendapat instruksi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai koordinator penangana bencana kabut asap di Indonesia.


Editor: Agus Luqman 

  • BNPB
  • Sutopo Purwo Nugroho
  • water bombing
  • pemadaman kebakaran hutan
  • kebakaran hutan dan lahan
  • hotspot

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!