BNPB: Baru 21 Keluarga yang Tempati Rumah bagi Korban Sinabung

Warga enggan menempati karena lokasi permukiman jauh dari lahan pertanian

BERITA | NASIONAL

Rabu, 23 Sep 2015 21:18 WIB

Author

Sindu Dharmawan

BNPB: Baru 21 Keluarga  yang Tempati  Rumah bagi Korban Sinabung

Permukiman bagi warga korban erupsi gunung SInabung (foto: situs BNPB)

KBR, Jakarta - Ratusan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, hingga kini belum menempati permukiman relokasi yang telah dibangun pemerintah. Padahal, Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya sudah membangun 370 unit rumah untuk keluarga dari tiga desa, yakni Bekerah, Simacem, dan Sukameriah. Kata dia, saat ini baru 21 KK warga Desa Bekerah yang menempati permukiman tersebut.

"Rumah sudah diserahkan sejak 5 Mei 2015. Pada saat itu 50 unit rumah sudah jadi, langsung diserahkan kepada masyarakat. Pada tanggal 10 Agustus 2015 selesai, diberikan 82 unit. Dari 112 KK, sekarang yang menempati baru 21 KK. Mengapa mereka tidak menempati? Karena lahan pertaniannya masih jauh. Kemudian juga kendala yang lain, tidak ada angkutan umum." Jelas Sutopo kepada KBR, Rabu (23/09).

Sutopo menambahkan, pihaknya saat ini tengah mengupayakan percepatan lahan pertanian dan fasilitas umum bagi pengungsi di permukiman relokasi. Kata dia, saat ini sudah tersedia 666 hektare lahan. Percepatan ini ditargetkan rampung Desember 2015.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kenali Nusantara

Kabar Baru Jam 10

Samoa Menetapkan Status Darurat Campak

Laporan Prakiraan Cuaca Sepekan Ke Depan Dari BMKG

Bakal Eksklusif, Masuk Pulau Komodo Mesti Pakai Membership?