Amien Rais Soal Merapatnya PAN Ke Pemerintah

Menurutnya, masalah politik tidak penting jika dibandingkan masalah ekonomi yang dialami Indonesia saat ini.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 03 Sep 2015 12:36 WIB

Author

Risna Sari

Amien Rais Soal Merapatnya PAN Ke Pemerintah

Amien Rais/ANTARA FOTO.

KBR, Yogyakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akhirnya angkat bicara tentang masuknya PAN ke pemerintahan. Dalam pertemuan di rumahnya hari ini Rabu, (3/9) Amien mengatakan dirinya menyetujui PAN bergabung dengan pemerintah karena alasan ekonomi Indoensia sedang terpuruk, bukan alasan politik.

Menurutnya, masalah  politik tidak penting jika dibandingkan masalah ekonomi yang dialami Indonesia saat ini.

“Sudah ada pertemuan dengan Pak Zulkifli dan saya rasa permasalahan ekonomi Indonesia saat ini bukan hanya permasalahan pemerintah saja, saya usulkan pentingnya langkah politik untuk memperkuat eksistensi kita sebagai bangsa, manakala masyarakat miskin menderita dan kesulitan ekonomi mencekik,” kata bekas ketua MPR ini.

Amien juga mengusulkan agar Presiden Jokowi mengundang  9 elemen masyarakat untuk duduk bersama memecahkan masalah ekonomi. Menurutnya, pertemuan seluruh ketua lembaga tinggi negara, pimpinan TNI dan Polri , ketua partai politik, tokoh pendidikan, agama , pengusaha dan pers harus dilibatkan .

“Presiden dan wakil presiden harus segera membuat gerakan untuk meminimalkan persoalan dan tidak memandang remeh, agar Indonesia tidak hancur seperti negara Uni Sovyet dan Yugoslavia. Namun jika Jokowi tidak memandang serius masalah tersebut, dan hanya memanfaatkan bergabungnya PAN ke pemerintah agar mendapatkan kekuasaan dan legitimasi lenih besar, maka PAN akan keluar dari pemerintah.

Meski demikian, Amien Rais menuturkan masalah Indonesia akan menjadi runyam jika merapatnya PAN ke pemerintah hanya dilatarbelakangi pemberian kursi menteri.

“Pertemuan kedua antara Jokowi dan ketua umum harus diletakkan dalam persepketif ini (perbaikan ekonomi) kalau kekuatan itu untuk menghadapi bangsa yang saat ini sedang dalam krisis perekonomian bangsa tentu harus kita syukuri. Namun jika berhenti pada kekuasaan dan berhenti pada pemberian kursi menteri maka ini akan lebih runyam,” imbuhnya.

Amien  mengklaim sudah berbicara dengan ketua umum parpol yang bergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) yaitu Prabowo, Aburizal  Bakrie. Namun, mereka menganggap saat ini perekonomian Indonesia masih kuat dan belum waktunya untuk bertindak .


Editor : Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 15

Menguasai Manajemen Amarah

Kabar Baru Jam 7

Wacana Jokowi Presiden 3 Periode