Waspada Bahaya Merapi, Pemkab Sleman Siapkan 6 Sekolah Siaga Bencana

KBR, Jakarta

NASIONAL

Sabtu, 06 Sep 2014 16:54 WIB

Author

KBR

Waspada Bahaya Merapi, Pemkab Sleman Siapkan 6 Sekolah Siaga Bencana

merapi, siaga, bencana, sleman

KBR, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta menyiapkan enam sekolah siaga bencana sebagai langkah mewaspadai bahaya Merapi.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan enam sekolah itu terdiri dari dua SD di lereng Merapi, satu SMP di Cangkringan serta tiga SMK. Pemkab Sleman mengaku juga bakal mengadakan gladi lapang di desa-desa sekitar Gunung Merapi terkait bencana letusan gunung.

"Siswa-siswa yang ada di situ itu ada pelajaran tambahan wajib mereka mengetahui kita kalau ada bencana alam SOP yang harus dilaksanakan apa, posisi harus bagaimana. Ini sudah diberikan pada anak-anak di enam sekolah itu," kata Sri Purnomo kepada KBR.

Sri Purnomo menambahkan, Pemkab Sleman ke depannya akan menjadikan seluruh sekolah di lereng Merapi, daerah yang dilalui lahar dingin dan panas sebagai sekolah siaga bencana. "kita tambah menjadi sekolah siaga bencana semuanya. Secara bertahap,” lanjutnya.

Sebelumnya Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan belum ada geliat aktivitas yang menunjukkan Merapi bakal meletus. Bahkan kini status Merapi masih dalam status normal.

Sejumlah warga sempat menyampaikan keresahan Merapi akan meletus tahun ini. Ini lantaran warga menganggap letusan Merapi terjadi empat tahun sekali. Sebelumnya Merapi meletus pada 2006 dan 2010.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?