NASIONAL

SBY ke Jokowi dan Prabowo: Adakan Konsiliasi

"KBR, Jakarta - Situasi perpolitikan pasca Pemilihan Umum Presiden 2014 belum puluh betul. Sebab kubu Prabowo Subianto - Hatta Rajasa masih jaga jarak dengan Joko Widodo - Jusuf Kalla."

Pebriansyah Ariefana

SBY ke Jokowi dan Prabowo: Adakan Konsiliasi
SBY, Jokowi, Prabowo

KBR, Jakarta - Situasi perpolitikan pasca Pemilihan Umum Presiden 2014 belum puluh betul. Sebab kubu Prabowo Subianto - Hatta Rajasa masih jaga jarak dengan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

Hal itu juga dirasakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan persnya di Hotel Shangri-La, Singapura, Kamis (4/9). Menurut SBY, koalisi yang mendukung pencapresan Prabowo lalu juga bagian dari kekuatan dan realitas politik.

"Adakan konsiliasi. Jika terjadi konsiliasi, saling menyapa, akan damai dan teduh politik ini. Kalau politik teduh, akan damai pula dalam menjalankan kebijakan. Itulah politik, itulah real politik. Jangan ada istilah the winner takes all," jelas Presiden.

Seperti dilansir Situs Kepresidenan, SBY berharap pemerintahan Jokowi nanti bisa tetap menjalin kerjasama yang baik dengan mitra-mitra Indonesia. SBY yakin Jokowi telah mempersiapkan diri dengan baik menjelang 20 Oktober 2014 nanti.

"Kalau diminta berbagi pengalaman, seperti yang saya sampaikan pada pidato kenegaraan 15 Agustus lalu, saya tentu akan berikan," ujar Presiden SBY.

  • SBY
  • Jokowi
  • Prabowo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!