NASIONAL

Pengamat: Bentrok Batam Jadi Momen Reformasi Keamanan

"Pengamat militer, Agung Perwita mengatakan konflik TNI Polri di Batam jadi momen merevisi UU TNI, UU Polri dan UU Ketahanan. Kata Agung, saat ini banyak konflik antara dua instansi tersebut karena masalah kebijakan dan kelembagaan. Sementara faktor keseja"

Rio Tuasikal

Pengamat: Bentrok Batam Jadi Momen Reformasi Keamanan
bentrok, tni, polisi

KBR, Jakarta - Pengamat militer, Agung Perwita mengatakan konflik TNI Polri di Batam jadi momen merevisi UU TNI, UU Polri dan UU Ketahanan. Kata Agung, saat ini banyak konflik antara dua instansi tersebut karena masalah kebijakan dan kelembagaan. Sementara faktor kesejahteraan, kata dia, hanya berpengaruh kecil terhadap bentrokan semacam ini.


"Itu juga persoalan, persoalan tersendiri jika kita bicara mengenai anggaran. Tapi kita lihat misalnya dari sisi kecemburuan sosial itu kan hanya pemantiknya saja. Ini lebih pada persoalan kebijakan, sistem. Mungkin lebih pada strategi reformasi sektor keamanan," ujar Agung kepada KBR, Selasa (23/9) malam.


TNI dan Polri di Batam terlibat bentrok karena diduga berebut backing penimbunan BBM. Saat ini kedua instansi sudah membentuk tim investigasi bersama. Kedua instansi berjanji akan menghukum tegas oknum yang terbukti bersalah. Belum ada bukti adu backing dalam bentrok ini.


Editor: Antonius Eko 

  • bentrok
  • tni
  • polisi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!