Pemerintahan SBY Tinggalkan Utang Pupuk Subsidi Rp 35 Triliun

KBR, Lhokseumawe

NASIONAL

Senin, 15 Sep 2014 21:29 WIB

Author

Erwin Jalaluddin

Pemerintahan SBY Tinggalkan Utang Pupuk Subsidi Rp 35 Triliun

pupuk, subsidi, utang, apbn

KBR, Lhokseumawe – Pemerintah akan mengalokasikan dana mencapai Rp 35 triliun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 untuk membayar tunggakan utang subsidi pupuk. Utang tersebut bersumber dari beberapa proyek vital di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepanjang tahun 2010-2013.

Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, komitmennya untuk membayar tunggakan tersebut secara tuntas. Dengan rincian utang PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) senilai Rp 1,4 triliun, PT Pupuk Indonesia Holding Company berjumlah Rp 16,7 triliun dan tunggakan lainnya.

”Akan ada alokasi sekitar Rp 35 triliun, sekaligus untuk tunggakan-tunggakan sebelumnya akan dibayar tuntas. Dengan anggaran kemungkinan sudah bisa menyelesaikan tunggakan-tunggakan yang ada, ” kata Suswono menjawab wartawan usai kunjungan kerjanya di Kota Lhokseumawe, Senin (15/09).

Menurut Suswono, dengan adanya alokasi dana APBN tersebut pemerintah diyakini akan mampu melunasi tunggakan pada beberapa BUMN. Utang itu sangat dibutuhkan oleh provit pupuk untuk menanggung beban bunga dan terhambatnya sejumlah investasi baru. Suswono menambahkan, khusus PIM terkait Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gas yang terlalu kemahalan akan dilakukan solusinya. Sehingga, tidak membebani perusahaan tersebut.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18