Partai Demokrat Belum Punya Sikap soal RUU Pemilukada

KBR, Jakarta - Partai Demokrat belum menentukan sikap soal Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lewat DPRD.

NASIONAL

Jumat, 12 Sep 2014 21:09 WIB

Author

Abu Pane

Partai Demokrat Belum Punya Sikap soal RUU Pemilukada

ruu, pemilukada, demokrat

KBR, Jakarta - Partai Demokrat belum menentukan sikap soal Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lewat DPRD.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok mengatakan, saat ini internal partainya masih membahas RUU Pilkada tersebut. Meski begitu Demokrat akan menghormati sikap Kepala Daerah yang diusung Demokrat bila menolak RUU Pilkada tidak langsung.

"Nanti di ujung mau vooting mau apa baru ketahuan nanti. Kita akan menampung semua aspirasi. Belum diputuskan. Diputuskannya nanti pada hari H," kata Achmad Mubarok kepada KBR, Jumat (12/9).

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri menegaskan akan konsisten menolak Pemilihan Kepala Daerah melalui DPRD. Akan tetapi sikap ini tak sejalan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan membiarkan polemik RUU Pemilukada dituntaskan di DPR RI.

Partai Demokrat sebagai partai penguasa saat ini, merupakan anggota Koalisi Merah Putih yang dikomandoi Partai Gerindra. Koalisi Merah putih merupakan kelompok Partai Politik yang mengusung Pilkada tidak langsung atau melalui DPRD.

Namun aksi tersebut ditolak oleh seratusan Kepala Daerah dari berbagai Partai Politik. Salah satu yang menolak adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Ia bahkan mundur dari Partai Gerindra karena tidak sejalan terkait polemik RUU Pilkada.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)