NASIONAL

MEA Tak Sukses Jika Akses Kredit Masih Sulit

MEA Tak Sukses Jika Akses Kredit Masih Sulit
apindo, mea, bank

KBR,Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) meminta pemerintah segera menyiapkan kebijakan turunan terkait Instruksi Presiden (Inpres) tentang Peningkatan Daya Saing dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 


Ketua APINDO bidang UKM, Nina Tursinah mengatakan, tanpa adanya aturan turunan dari Inpres itu, Indonesia tak cukup meningkatkan daya saing sektor UMKM dengan sembilan negara ASEAN lainnya..


"Turunan dari Inpres itu harus ada. Turunan itu harus ada kemudahan memperoleh standarisasi, ada pendampingan pada UKM agar produknya sesuai standar. Salah satu yang hambatan besar yang sebenarnya mampu menggenjot daya saing adalah soal bunga bank," jelas Nina Tursina.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Peningkatan Daya Saing dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. 


Melalui beleid yang ditandatangani 1 September 2014 lalu itu, Presiden meminta jajaran pemerintahannya serta para gubernur, bupati, dan walikota mengambil langkah-langkah secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk melakukan peningkatan daya saing nasional.


Editor: Antonius Eko 

  • apindo
  • mea
  • bank

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!