NASIONAL

Alasan Jokowi Pilih Menteri Pertanian dari Kalangan Profesional

"KBR, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo mengutamakan kedaulatan pangan dalam masa kepemimpinannya. Karena itu, Jokowi memilih menteri Pertanian yang berasal dari kalangan profesional."

Quinawati Pasaribu, Abu Pane

Alasan Jokowi Pilih Menteri Pertanian dari Kalangan Profesional
kabinet, jokowi, pertanian, kementerian

KBR, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo mengutamakan kedaulatan pangan dalam masa kepemimpinannya. Karena itu, Jokowi memilih menteri Pertanian yang berasal dari kalangan profesional.

Namun, bekas wali kota Solo ini masih belum mau menyebut nama calon menterinya itu. Sebab kata dia, proses penyeleksian kabinet hingga saat ini masih belum rampung. Ia menambahkan, selain kedaulatan pangan, Jokowi juga memprioritaskan bidang kemaritiman.

"Yang jelas untuk mencapai kedaulatan pangan, harus ada dan yang berkaitan dengan kemaritiman. Yang prfesional? Keuangan, BUMN dan Kementerian ESDM, Pertanian," katanya.

Jokowi mengumumkan jumlah kementerian dalam kabinetnya yakni berjumlah 34, Senin (15/09). Kata dia, dalam kabinetnya mendatang akan diisi 18 menteri dari kalangan profesional dan 16 menteri dari kalangan profesional partai politik. Selain itu, posisi wakil menteri yang masih akan dipertahankan adalah Kementerian Luar Negeri. Sementara itu dalam kabinetnya juga masih akan menggunakan Menteri Koordinator.

Editor: M Irham

  • kabinet
  • jokowi
  • pertanian
  • kementerian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!