Wow, 8 Juta Orang Indonesia Menderita Diabetes

Laporan terbaru menyebutkan hampir 8 juta orang Indonesia saat ini menderita diabetes. Ironisnya, yang mencapai target pengobatan kurang dari satu persen.

NASIONAL

Selasa, 03 Sep 2013 12:32 WIB

Author

Radio Pelita Kasih

Wow, 8 Juta Orang Indonesia Menderita Diabetes

8 Juta Orang Indonesia, Diabetes

KBR68H, Jakarta - Laporan terbaru menyebutkan hampir 8 juta orang Indonesia saat ini menderita diabetes. Ironisnya, yang mencapai target pengobatan kurang dari satu persen.

Demikian temuan Novo Nordisk, perusahaan perawatan diabetes global asal Denmark yang terungkap dalam peluncuran Blueprint for Change, di Kantor Kementerian Kesehatan, Selasa (3/9).

Ironi yang lain, hanya sekitar 40 persen orang Indonesia penyandang diabetes yang mengetahui kondisinya dan hanya 39 persen yang berobat.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengatakan, laporan ini akan menambah pemahaman pihaknya untuk mengatasi empat hambatan yang diidentifikasi dalam laporan.

Empat hambatan itu pengetahuan rendah akan pencegahan dan pengobatan diabetes, penyediaan kebutuhan kesehatan yang tidak merata, dan jumlah pasien berobat dengan baik yang terbatas.

“Mari monitor dan deteksi dini faktor risiko diabetes. Rajinlah datang ke pos pembinaan terpadu di Puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan lainnya,” imbau Tjandra.

Tjandra menjelaskan saat ini sudah berdiri lebih dari 7000 pos pembinaan terpandu (Posbindu) di seluruh Indonesia.

Tjandra Yoga menambahkan kebutuhan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut akan semakin besar mengingat ada 32 juta orang lagi di Indonesia yang melakukan urbanisasi hingga tahun 2030.

Hal ini diyakini akan menyebabkan pergeseran pola makan serta aktivitas fisik yang rendah.

Konsekuensinya, jumlah penyandang diabetes di Indonesia mencapai 12 juta orang pada 2030 mendatang atau meningkat enam persen setiap tahun.

Padahal, apabila diabetes bisa ditangani dan dicegah di Indonesia, dapat pula mencegah hampir 40 ribu serangan jantung yang disebabkan diabetes. Kasus gagal ginjal disebabkan diabetes juga dapat dicegah bagi hingga lebih dari 400 ribu orang. Sementara dari segi ekonomi, diabetes yang dicegah dan diobati dengan baik mampu menghemat hingga 6 miliar dollar atau senilai Rp 60 triliun. (Jay)

Sumber: Radio Pelita Kasih
Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Dampak Revisi UU KPK

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12