NASIONAL

Populasi Sapi dan Kerbau Indonesia Terus Turun

"Populasi sapi dan kerbau di Indonesia terus menurun dalam tiga tahun terakhir. Saat ini jumlahnya hanya 14,17 juta ekor atau turun hampir 16 persen dari tahun 2011 yang jumlahnya 16,7 juta ekor."

Khusnul Khotimah

Populasi Sapi dan Kerbau Indonesia Terus Turun
populasi, sapi, indonesia

KBR68H, Jakarta - Populasi sapi dan kerbau di Indonesia terus menurun dalam tiga tahun terakhir. Saat ini jumlahnya hanya 14,17 juta ekor atau turun hampir 16 persen dari tahun 2011 yang jumlahnya 16,7 juta ekor. 


Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan, penyebab penurunan karena sapi dan kerbau banyak dipotong untuk melayani kebutuhan lokal. Selain itu, populasi berkurang karena adanya pembatasan impor.


“Ada yang meningkat juga, yang meningkat terkecil terjadi di Kepulauan Riau sebanyak 500 ekor. Kemudian yang terbesar peningkatannya di Sulawesi Tengah 18.500 ekor, “ jelas Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin.


Penurunan jumlah sapi dan kerbau yang terbesar terjadi di Provinsi Jawa Timur sebanyak 1,2 juta ekor. Meski demikian, Jawa Timur memiliki jumlah sapi dan kerbau terbanyak yakni 3, 8 juta ekor, disusul Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.


Editor: Antonius Eko 

  • populasi
  • sapi
  • indonesia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!