Kemenhub Sudah Larang Orangtua Beri Kendaraan ke Anak Bawah Umur

Kementerian Perhubungan mengklaim sudah mengkampanyekan larangan bagi orangtua memberikan kendaraan kepada anak di bawah umur.

NASIONAL

Selasa, 10 Sep 2013 07:38 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Kemenhub Sudah Larang Orangtua Beri Kendaraan ke Anak Bawah Umur

ahmad dhani, kecelakaan tol, KPA, Abdul Qodir Jaelani

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perhubungan mengklaim sudah mengkampanyekan larangan bagi orangtua memberikan kendaraan kepada anak di bawah umur. 


Juru Bicara Kemenhub Bambang S Ervan menyatakan Ditjen Perhubungan darat sudah memasang berbagai iklan terkait hal tersebut meski tak mengatur sanksi bagi orangtuanya. Pihaknya hanya mengatur keselamatan di jalan yang terkait aturan-aturan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM).


“Tolong jangan menyederhanakan karena sosialisasinya kurang menjadi penyebabnya begini. Ini harus kembali bahwa masalah kecelakaan itu harus ditanggulangi semua pihak. Bagaimana pemerintah melakukan pengawasan, tapi orang tua tidak melakukan pengawasan terhadap anaknya ya akan terjadi kecelakaan juga,” ujar Bambang S Ervan.


Ahmad Abdul Qodir Jaelani atau Dul yang berusia 13 tahun mengendarai mobilnya di jalan Tol Jagorawi dan mengalami kecelakaan beruntun. Dul kehilangan kontrol dan menabrak pagar pemisah jalan hingga menewaskan enam orang. Mobil yang dikendarai Dul diduga hadiah ulang tahun pemberian orang tuanya.


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18