Kemendikbud Buka Lowongan Satpam Khusus Cagar Budaya

KBR68H,Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka lowongan pekerjaan sebagai Satuan Pengaman Khusus (Satpamsus) Cagar Budaya. Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Maridjan mengatakan, rekrutmen itu dilakukan agar tugas pengamanan cagar

NASIONAL

Minggu, 29 Sep 2013 00:03 WIB

Author

Gun Gun Gunawan

Kemendikbud Buka Lowongan Satpam Khusus Cagar Budaya

Museum, Cagar budaya, pengamanan, Polri, artefak

KBR68H,Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka lowongan pekerjaan sebagai Satuan Pengaman Khusus (Satpamsus) Cagar Budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Maridjan mengatakan, rekrutmen itu dilakukan agar tugas pengamanan cagar budaya tidak tergantung pada Kepolisian Indonesia.

Rencana rekrutmen itu akan direalisasikan pada masa rekrutmen pegawai negeri yang akan datang. Kacung Maridjan mengatakan anggaran untuk pengadaan satuan khusus ini telah masuk dalam APBN 2014.

"Sudah kita masukan di anggaran 2014. Jadi pada masa rekrutmen pegawai negeri yang akan datang memang salah satunya ada soal polisi khusus cagar budaya itu," kata Kacung Maridjan ketika dihubungi KBR68H.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Kacung Maridjan menambahkan, saat ini rencana pembentukan satuan khusus pengamanan cagar budaya masih bergantung kepada Polri. Satuan khusus Polri itu nantinya akan dibekali pengetahuan sejarah dan budaya di samping kemampuan pengamanan.

Kacung mengklaim, rencana tersebut bukan sikap reaktif Kemendikbud atas kasus pencurian artefak baru-baru ini. Dia mengatakan, rencana pembentukan polisi cagar budaya sudah dipikirkan sejak lama.

Selain akan mengamankan museum, kata dia satuan khusus itu juga akan berjaga-jaga di berbagai situs budaya lainnya seperti candi.

Pengamanan cagar budaya menjadi sorotan serius banyak pihak, setelah ada kasus hilangnya empat artefak tak ternilai di Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta, beberapa waktu lalu. Kasus hilangnya koleksi museum sejarah juga terjadi di sejumlah tempat, termasuk di museum tertua di Indonesia, Museum Radyapustaka, Surakarta Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17