NASIONAL

Kekeringan, PU Jamin Ketersedian Air di Waduk

"KBR68H, Jakarta - Pemerintah menjamin persediaan air di waduk-waduk Jawa dan Sumatera hingga musim penghujan tahun ini tiba."

Novaeny Wulandari

Kekeringan, PU Jamin Ketersedian Air di Waduk
kekeringan, waduk, ketersedian air, portalkbr.com

KBR68H, Jakarta - Pemerintah menjamin persediaan air di waduk-waduk Jawa dan Sumatera hingga musim penghujan tahun ini tiba. Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum , Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, persedian air cukup mengairi sawah-sawah petani di dua daerah itu. Meski begitu, dia mengklaim, pihaknya telah menyiapkan program hujan buatan, apabila air di waduk tersebut tidak cukup untuk mengairi sawah. (Baca: Sejumlah Kabupaten di Jateng Alami Kekeringan)

"Kalau sawah-sawah yang disuport bendungan dan lain-lain, kondisi bendungan kita sih cukup semuanya. Hampir semua yang di jawa dan Sumatera in, semuanya dalam kondisi penuh. Hanya ada satu bendungan yang katakanlah besar waspada, artinya masih ada tapi di bawah rencana kita. Jika diperlukan kita juga bisa pakai modifikasi cuaca."

Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Arie Setiadi Moerwanto menambahkan, selain waduk pihaknya juga telah mengantisipasi kekeringan dengan sumur pompa. Namun, pompa ini hanya akan diberlakukan jika kondisi kekeringan sudah sangat kritis. Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, ada empat kabupaten di Jawa Tengah yang mulai mengalami kekeringan, yaitu Kabupaten Klaten, Wonogiri, Grobokan dan Rembang.

Editor: Nanda Hidayat

  • kekeringan
  • waduk
  • ketersedian air
  • portalkbr.com

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!