NASIONAL

Kejar Target Swasembada Pangan, Kementan Benahi Irigasi

Kejar Target Swasembada Pangan, Kementan Benahi Irigasi
kementerian pertanian, swasembada pangan

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pertanian bakal memprioritaskan perbaikan jalur irigasi persawahan untuk mengejar target swasembada pangan tahun depan. 


Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan mengakui, irigasi menjadi salah satu tantangan dalam mengejar target swasembada pangan. Pasalnya, kata dia, sekitar 50% saluran irigasi telah rusak. Karena itu Kementan bakal menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum untuk memprioritaskan perbaikan saluran irigasi.


"Ini menjadi program yang prioritas sebenarnya. Baik bagi Kementerian Pertanian, karena kalau yang irigasi tersier itu tanggungjawabnya ada di pemerintah daerah dan Kementan. Tapi kalau yang irigasi sekunder tanggungjawabnya ada di Kementerian PU (Kementerian Pekerjaan Umum-red). Dan harapan kita, KemenPU juga memberikan prioritas yang tinggi juga terhadap sarana dan prasarana pertanian kita. Saluran irigasi yang rusak fatal itu paling 10-15 persen yang tidak berfungsi sama sekali," ujarnya dalam program Sarapan Pagi KBR68H.


Rusman menambahkan selain perbaikan saluran irigasi, pihaknya juga bakal menambah 40 ribu hektar sawah baru di luar Jawa. Kementerian Pertanian pada 2014 mengalokasikan anggaran senilai lebih dari Rp 8  triliun untuk program swasembada nasional. Anggaran terbesar dialokasikan untuk mendukung pencapaian surplus 10 juta ton beras yakni sebesar lebih dari Rp 4,5 triliun.


Editor: Antonius Eko 

  • kementerian pertanian
  • swasembada pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!