NASIONAL

Jumlah Rumah Tangga Usaha Tani Menurun Pertahun

"KBR68h, Jakarta- Badan Pusat Statistik mencatat jumlah rumah tangga usaha pertanian di Indonesia terus menurun tiap tahunnya rata-rata 1,75 persen."

Jumlah Rumah Tangga Usaha Tani Menurun Pertahun
Rumah Tangga, Usaha Tani, Menurun, Pertahun

KBR68h, Jakarta- Badan Pusat Statistik mencatat jumlah rumah tangga usaha pertanian di Indonesia terus menurun tiap tahunnya rata-rata 1,75 persen. Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan, tahun ini jumlah rumah tangga pertanian tinggal 26,13 juta rumah tangga atau menurun sebanyak 5,4 juta dari tahun 2003 yang sebanyak 31 juta. Penurunan terbanyak terjadi di Jawa Tengah. (Baca: Hak Tanah untuk Petani Belum Diatur di UU)

“Memang di dalam ilmu ekonomi, negara kan makin maju, makin bergeser dari sektor tradisional ke sektor lainnya. Dia bisa bergeser ke industri, perdagagan, konstruksi, jasa-jasa. Penurunan memang terjadi, tapi ini informasi untuk pemerintah juga bahwa penurunan ini tetap harus diupayakan produktivitasnya harus tinggi, “ ujar Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin.

Rumah tangga usaha pertanian adalah rumah tangga yang salah satu atau lebih anggota rumah tangga mengelola usaha pertanian. Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa barat merupakan tiga provinsi yang memiliki rumah tangga usaha pertanian terbanyak yakni berkisar 3juta hingga hampir 5 juta rumah tangga usaha pertanian. Sementara, Jakarta merupakan Provinsi yang paling sedikit jumlah usaha pertaniannya yakni hanya 12,3 ribu rumah tangga. (Baca: Mentan: Petani Hanya Kelola Lahan 0,3 Hektar)

Editor: Nanda Hidayat

  • Rumah Tangga
  • Usaha Tani
  • Menurun
  • Pertahun

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!