Bagikan:

Hatta: Oktober Diupayakan Deflasi

Pemerintah akan mengupayakan deflasi dapat terjadi pada Oktober. Upaya ini dilakukan setelah inflasi pada Agustus mencapai 1,12 persen.

NASIONAL

Selasa, 03 Sep 2013 18:15 WIB

Hatta: Oktober Diupayakan Deflasi

hatta rajasa, deflasi

KBR68H, Jakarta - Pemerintah akan mengupayakan deflasi dapat terjadi pada Oktober. Upaya ini dilakukan setelah inflasi pada Agustus mencapai 1,12 persen. 


Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, solusi yang bisa membantu target deflasi itu adalah dengan mengendalikan harga komoditas pangan dan harga yang dikendalikan pemerintah. Sehingga dua cara itu diharapkan mampu menekan inflasi bulan September di bawah satu persen. 


“Ini inflasi 1,12 itu di bawah ekspektasi BI maupun pemerintah yang berkisar antara 1,2 hingga 1,5 persen. Kita harapkan pada Bulan September akan jauh di bawah 1 persen,” ujar Hatta. 


Badan Pusat Statistik mencatat Inflasi Agustus sebesar 1,12 persen. Penyebab terbesar adalah harga bahan pangan yang belum sepenuhnya turun dari berlalunya bulan puasa. Penyumbang inflasi tertinggi adalah dari kelompok bahan makanan terutama ikan segar, bawang merah, kentang, beras dan tomat. Dengan demikian pemerintah harus bekerja keras untuk menekan inflasi hingga akhir tahun agar sesuai target inflasi tahun 2013 sebesar 7,2 persen.


Editor: Antonius Eko 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?