NASIONAL

BI: Cadangan Devisa Masih Stabil

"KBR68H, Jakarta - Jumlah cadangan devisa pada akhir Agustus 2013 tercatat sebesar US$93. Angka ini relatif stabil dari posisi pada akhir Juli 2013 sebesar US$92,7 miliar."

BI: Cadangan Devisa Masih Stabil
bank indonesia, cadangan devisa, agustus

KBR68H, Jakarta - Jumlah cadangan devisa pada akhir Agustus 2013 tercatat sebesar US$93. Angka ini  relatif stabil dari posisi pada akhir Juli 2013 sebesar US$92,7 miliar. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Apabila dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,2 bulan impor.

Dalam keterangan pers yang diterima KBR68H, Bank Indonesia menilai jumlah cadangan devisa tersebut masih cukup untuk menghadapi tekanan pada neraca pembayaran. Namun demikian, masih tingginya tekanan dan ketidakpastian perekonomian global ke depan memerlukan langkah-langkah antisipasi baik dengan penguatan respon bauran kebijakan maupun ketahanan dalam menghadapi gejolak eksternal, termasuk bantalan kecukupan cadangan devisa secara berlapis (second line of defense).
 
Dalam kaitan ini, sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, Bank Indonesia telah menandatangani perpanjangan Bilateral Swap Agreement (BSA) dengan Bank of Japan sebagai agen Menteri Keuangan Jepang sebesar US2 miliar, berlaku efektif 31 Agustus 2013. Pembahasan untuk kerjasama serupa juga sedang dilakukan dengan bank-bank sentral di kawasan.

  • bank indonesia
  • cadangan devisa
  • agustus

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!