Bagikan:

Cek Fakta:Video dengan Narasi Pemanasan Global Hanya Tipuan

Top Three Hoax of The Week

NASIONAL

Rabu, 09 Agus 2023 10:00 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Beredar video di Twitter yang menunjukkan laporan cuaca oleh seorang pembawa acara berita dalam bahasa Spanyol.

Dalam video tersebut menampilkan terjemahan dalam bahasa Inggris yang menyebut bahwa pemanasan global adalah penipuan untuk menciptakan pengambilalihan komunis secara global.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 27 Juli - 2 Agustus 2023, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Beredar Foto Bus Setinggi 9 Meter dengan Narasi Milik Timnas U-17

Jelang pagelaran Piala Dunia U-17 pada 10 November - 2 Desember 2023. Beredar sebuah foto yang menampilkan bus tingkat tiga dengan narasi bus tersebut adalah bus baru Timnas U-17. Pada foto, juga ditambahkan narasi klaim bahwa bus setinggi 9 meter itu baru dibeli Erick Thohir.

Baca juga:

Cek Fakta: Foto Bernarasi Bandung Diselimuti Salju

Cek Fakta: Video dengan Narasi bahwa Ribuan Umat di Jeddah Deklarasi Anies Baswedan

Cek Fakta: Foto Suntingan Jokowi Menyalami Cak Nun di RS

Saking tingginya bus baru timnas ini juga dinarasikan mengakibatkan busnya tidak bisa masuk Jakarta International Stadium (JIS). Hoaks ini beredar di media sosial Facebook dan fotonya bisa anda cek di Instagram @turnbackhoaxid.

Heboh Hoaks soal Kapal Wisata Titanic Ditemukan

Media sosial Facebook diwarnai dengan hoaks soal tangkapan layar berita dari CNN News yang mengabarkan bahwa kapal selam OceanGate yang hilang saat wisata bawah laut Kapal Titanic telah ditemukan. Pada tangkapan layar berita itu dinarasikan, penumpang di dalamnya tidak ada.

Video dengan Narasi yang Menyebut Pemanasan Global Hanya Tipuan

Beredar video di Twitter yang menunjukkan laporan cuaca oleh seorang pembawa acara berita dalam bahasa Spanyol.

Dalam video tersebut menampilkan terjemahan dalam bahasa Inggris yang menyebut bahwa pemanasan global adalah penipuan untuk menciptakan pengambilalihan komunis secara global. Faktanya, terjemahan dalam bahasa Inggris tersebut tidak sesuai dengan yang diucapkan oleh pembawa acara.

Capture video yang dimaksud bisa anda cek di akun Instagram @turnbackhoaxid.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Malaysia Salahkan Karhutla RI

UGM Kembali Sabet Juara Umum ke 7 Kalinya di Kontes Robot Terbang Indonesia

Kabar Baru Jam 7

Weight Management : Gak Sekadar Atur Pola Makan

Hati-Hati Modus Baru Pinjol Perorangan!

Most Popular / Trending