Bagikan:

Pekan Depan, Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

Presiden sudah indikasikan, sudah tak mungkin kita pertahankan terus demikian.

NASIONAL

Jumat, 19 Agus 2022 16:30 WIB

Author

Heru Haetami

Pekan Depan, Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

Presiden Jokowi usai membagikan bantuan modal kerja di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/22). (Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo kemungkinan bakal mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, pekan depan. Itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam kuliah umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan secara virtual, Jumat (19/8/2022).

“Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu Solar. Itu modeling ekonominya sudah dibuat," kata Luhut.

"Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini. Presiden sudah indikasikan, sudah tak mungkin kita pertahankan terus demikian," sambungnya.

Luhut menyebut, saat ini pemerintah sedang berhitung untuk menaikkan harga BBM subsidi.

Menurutnya, subsidi yang dikeluarkan lewat APBN untuk BBM sudah terlalu membebani keuangan negara. Nantinya kata dia, beban subsidi akan ditargetkan jauh di bawah Rp502 triliun.

Baca juga:

Saat ini, harga BBM subsidi jenis Pertalite yakni Rp7.650 per liter. Sedangkan harga Solar dibanderol Rp5.150 per liter.

Subsidi Besar

Sebelumnya, Jokowi menyebut subsidi BBM di Indonesia sangat besar sekali. Jumlahnya bahkan membengkak hampir tiga kali lipat dari perkiraan awal.

Besarnya subsidi itu disebabkan karena harga Pertalite di Indonesia tidak naik seperti di negara lain.

"Kalau bensin di negara lain sekarang harganya sudah (setara) Rp32 ribu, Rp31 ribu, di Indonesia Pertalite masih Rp7.650. Tapi perlu juga kita ingat, subsidi terhadap BBM itu sudah sangat terlalu besar. Dari Rp170-an triliun, sekarang sudah Rp502 triliun. Negara manapun enggak akan kuat menyangga subsidi sebesar itu," kata Jokowi saat Zikir Kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Senin (1/8/2022) malam.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending