Bagikan:

Meski Sebabkan Inflasi, Zulhas Klaim Harga Pangan Mulai Terkendali

"Harga-harga lain juga sudah terkendali, cabai, bawang merah, telur ayam sudah terkendali, sudah jinak sehingga orang bisa membeli yang membuat inflasi tinggi, rakyat jadi susah itu bisa kita atasi"

NASIONAL

Selasa, 02 Agus 2022 18:13 WIB

Pedagang cabai di Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Selasa (2/8/22). Harga cabai rawit di pasar i

Pedagang cabai di Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Selasa (2/8/22). Harga cabai rawit di pasar itu mencapai Rp100 ribu per kilogram. (Foto: Antara/Gusti T)

KBR, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim harga sejumlah komoditas pangan sudah mulai terkendali awal bulan ini.

Menurutnya, harga-harga sudah mulai kembali menuju normal pasca tingginya inflasi di Juli, imbas meroketnya harga komoditas pangan seperti cabai merah.

"Harganya yang curah (minyak goreng, red) bukan yang brand (kemasan). Tadi di pasar Jambi sudah Rp13 ribu walaupun Ro14 ribu itu HET (harga eceran tertinggi), berarti sudah terkendali. Harga-harga lain juga sudah terkendali, cabai, bawang merah, telur ayam sudah terkendali, sudah jinak sehingga orang bisa membeli yang membuat inflasi tinggi, rakyat jadi susah itu sudah bisa kita atasi," katanya saat Peletakan Batu Pertama PT Nusantara Green Energy di Simpang Jelutih, Kabupaten Batanghari, Jambi, Selasa (2/8/2022).

Zulhas, begitu ia akrab disapa mengklaim, stabilnya harga komoditas pangan ini berkat kerja sama pemerintah dengan sejumlah stakeholder terkait.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi tahun ke tahun (year on year) di Juli 2022 mencapai 4,94 persen.

BPS menyebut, Kelompok yang memberikan andil paling besar terhadap inflasi adalah cabai merah, bawang merah, dan cabai rawit.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Ahmad Choirul Furqon menyebut penyebab melonjaknya harga komoditas pangan karena tidak seimbangnya antara suplai dan permintaan.

Baca juga:

- Ikappi Desak Pemerintah Atasi Meroketnya Harga Pangan

Naik Drastis, Harga Cabai di Banyuwangi Tembus Rp90 Ribu per Kilogram 

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga cabai merah besar mencapai Rp71.150 per kilogram, bawang merah Rp50.650 per kilogram, bawang putih Rp29.400 per kilogram.

Sementara harga daging ayam mencapai Rp35.650 per kilogram, daging sapi kualitas 1 Rp137.350 per kilogram dan telur ayam ras mencapai Rp29.400 per kilogram.

Sedangkan harga minyak goreng curah di pasar mencapai 15.350 per kilogram, dan minyak goreng kemasan mencapai 23.800 per liter.

Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending