Bagikan:

Mendag: Minyak Goreng Minyakita Sudah Menjangkau Kawasan Timur Indonesia

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan data bahwa Minyakita sudah menjangkau kawasan timur Indonesia seperti Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

NASIONAL

Selasa, 30 Agus 2022 18:53 WIB

Author

Yuli Anisah

minyak goreng

Minyak goreng kemasan rakyat Minyakita sebelum pengiriman di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (11/8/2022). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

KBR, Jakarta - Kementerian perdagangan mengklaim minyak goreng kemasan rakyat (MGKR) dengan merek Minyakita sudah didistribusikan merata hingga ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan program minyak goreng kemas rakyat Minyakita kini sudah ada di 130 kabupaten kota di 21 provinsi. Minyakita diperdagangkan di pasar maupun swalayan.

Dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Zulkifli Hasan menyampaikan data bahwa Minyakita sudah menjangkau kawasan timur Indonesia seperti Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Di Nusa Tenggara, Minyakita sudah tersedia di Kupang bahkan di daerah 3T seperti Atambua.

Di Maluku, menurut Kemendag, Minyakita tersedia di Ambon, Maluku Tenggara dan Masohi. Sementara di Papua dan Papua Barat, Minyakita sudah sampai Merauke dan Manokwari.

"Kemarin kita mengirim ke Papua, Maluku sebanyak 1,3 juta liter. Memang kemasan sederhana, diutamakan untuk daerah-daerah yang jauh. Kalau di daerah Jawa, minyak goreng yang curah bisa ngirim lewat tanki. Tapi kalau Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang pulau-pulau diutamakan mengirim minyak goreng yang kemasan agar lebih mudah mengirimnya," kata Zulkifli dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (30/8/2022).

Baca juga:


Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan di seluruh Provinsi di Indonesia, harga minyak goreng curah secara rata-rata nasional sebesar Rp14.000/liter (sesuai HET). Harga ini turun 6,04 persen jika dibandingkan bulan lalu.

Menurut Kemendag, minyak goreng curah rakyat (MGCR) tersedia di 19.421 mitra pengecer Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yang tersebar di 282 kabupaten/kota di 27 Provinsi dengan tanda khusus/spanduk Harga Eceran Tertinggi (HET).

Rata-rata harga minyak goreng curah di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi sudah sesual HET Rp14.000/liter. Bahkan untuk Pulau Jawa dan Bali sudah mencapai Rp12.869/liter. Sedangkan untuk Nusa Tenggara sebesar Rp15.875/liter, Maluku dan Papua sebesar Rp18.371/liter.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Bagaimana Stok dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Nataru?

Kabar Baru Jam 8

Kick Off Seminar: Jurnalisme di bawah Kepungan/Tekanan Digital

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending