Bagikan:

Kapolri Diminta Pidanakan Kapolda atau Kapolres yang Main Proyek

Kalau ada kapolda atau kapolres nakal main proyek, meras, jangan dimutasi, Pak. Pidanakan saja.

NASIONAL

Kamis, 25 Agus 2022 14:59 WIB

Kapolri Diminta Pidanakan Kapolda atau Kapolres yang Main Proyek

Kapolri Listyo Sigit saat menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho)

KBR, Jakarta - Anggota Komisi Hukum DPR Johan Budi meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo menindak tegas bawahannya yang nakal di daerah. Sebagai contoh, kata dia, Kapolri perlu memidanakan para kapolda atau kapolres yang terbukti main proyek.

Menurutnya, hal tersebut menjadi momentum untuk bersih-bersih di tubuh kepolisian.

"Menurut saya ini momentum, yang perlu juga di RDP (rapat dengar pendapat, red) pertama dulu, saya sampaikan ke Pak Listyo Sigit kalau masih ingat. Kalau ada kapolda atau kapolres nakal main proyek, meras, jangan dimutasi, Pak. Pidanakan saja," ujar Johan dalam RDP dengan Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Raker DPR Kasus Ferdy Sambo, Kapolri: Motif Kesusilaan

Bekas Juru Bicara KPK ini mengatakan, Polri di era reformasi merupakan institusi yang sangat kuat atau powerful.

Menurutnya, orang yang baru lahir sampai meninggal dunia, bisa berurusan dengan kepolisian.

Sehingga, Kapolri memiliki kekuasaan yang sangat besar dalam mengemban institusi yang sangat powerful. Karena itu, dia mendorong Kapolri menindak setiap anggota yang terbukti melakukan melanggar hukum.

Sementara itu, Kapolri berkomitmen akan membenahi lembaganya dari lapisan terbawah tingkat pendidikan hingga jenderal.

Baca juga: ISESS: Pemberantasan Judi Belum Sentuh Bandar dan Beking

"Ke depan kita juga bisa melakukan peningkatan-peningkatan memperkuat merit sistem. Saya pikir ini sudah kita mulai dari proses rekrutmen SDM dan tim sudah berusaha untuk melakukan penerapan prinsip bersih transparan," ujarnya.

"Namun demikian mungkin masih ada yang bermain dengan ini. Tentunya menjadi perhatian kami kalau memang ada yang melakukan hal seperti itu, mohon untuk bisa dilaporkan dan pasti kami proses, kami juga tidak ada toleransi," tegasnya.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Komunitas Biboki Lestarikan Tenun Ikat Tradisional

Living Law, Apa Dampaknya Jika Masuk dalam RKUHP?

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending