Bagikan:

Ganjar, Anies, Prabowo Teratas Survei Elektabilitas Capres

"Mulai dari pak Ganjar Pranowo, pak Anies Baswedan, pak Prabowo, Ridwan Kamil, sampai kemudian pak Airlangga Hartarto."

NASIONAL

Senin, 22 Agus 2022 08:35 WIB

Pemilu 2024, survei elektabilitas capres

Survei elektabilitas capres Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto teratas, Jakarta, Minggu (21/8/22). (Algoritma)

KBR, Jakarta-  Lembaga Survei Algoritma Research and Consulting merilis hasil survei nasionalnya. Berdasarkan hasil survei, ada tiga nama menempati urutan tertinggi sebagai figur yang akan dipilih menjadi presiden pada Pilpres 2024 mendatang. 

Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultasi Publik Algoritma Fajar Nursahid mengatakan,  Ganjar Pranowo mendapat dukungan  27,8 persen, Anies Baswedan 18,5 persen, dan Prabowo Subianto dengan 12,9 persen.  

"Nama-nama yang muncul sekaligus mengkonfirmasi 8 nama yang terbangun sebagai publik figur yang dianggap layak untuk nyapres. Jadi orang menganggap nyapres dia layak, kemudian figur-figurnya sama juga. Mulai dari pak Ganjar Pranowo, pak Anies Baswedan, pak Prabowo, Ridwan Kamil, sampai kemudian pak Airlangga Hartarto. Ini adalah bangunan-bangunan yang sebetulnya ketika dikaitkan ada ruang lain atau tidak? sepertinya tipis banget," kata dia dalam konpers daring, Minggu (21/8/22).

Sementara kata dia untuk calon wakil presiden, ada beberapa nama yang punya peluang besar menurut survei ini Yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono dan Erick Thohir. 

Baca juga:

Fajar mengatakan, di luar nama 4 tokoh tersebut ada nama lain yang mencuat dari kluster figur popular perempuan yakni Tri Risma Harini, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa dan Susi Pudjiastuti.

Sementara dari kalangan politik, nama lain yang mencuar sebagai kandidat wapres adalah Airlangga Hartarto, M Zainul Majdi dan Salim Assegaf.

"Inilah nama-nama yang menjadi bursa cawapres yang lagi-lagi mengkonfirmasi sebuah pilihan yang masih sangat rendah karena maksimum hanya di 24 persen dari segi elektabilitasnya," tambahnya.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending