Bagikan:

FOMO Sapiens : Tujuhbelasan dan Permintaan Maaf Pencuri Cokelat

Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat." Tapi, kapankah kita pulih dan merdeka dari trauma peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu?

NASIONAL

Jumat, 19 Agus 2022 14:23 WIB

FOMO Sapiens : Tujuhbelasan dan Permintaan Maaf Pencuri Cokelat

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Tujuhbelasan merupakan bentuk selebrasi atas kemerdekaan Indonesia, setiap tahun ada temanya masing-masing. Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat." Tapi, kapankah kita pulih dan merdeka dari trauma peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu?

Setelah video karyawan minimarket meminta maaf akibat diancam seorang perempuan yang kedapatan mencuri cokelat denga pasal Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) viral, si pencuri cokelat akhirnya memilih untuk menempuh jalur penyelesaian secara kekeluargaan dan dimediasi oleh Polres Tangsel.

1. Tujuhbelasan

Peringatan HUT RI tahun ini begitu meriah untuk pertama kalinya sejak pandemi terjadi. Tidak hanya dengan perayaan lomba di berbagai daerah, namun juga meriah di dunia maya. Mulai dari perbincangan warganet soal kehadiran penyanyi cilik, Farel Prayoga yang tengah viral lewat cover lagu ‘Ojo Dibandingke’, penyanyi, Lyodra yang membawakan lagu dari Papua, hingga perkara penuntasan kasus HAM berat masa lalu. Seperti apa?

Baca juga : Keppres Tim Nonyudisial Pelanggaran HAM, Ini Kata Amnesty

2. Permintaan Maaf Pencuri Cokelat

Pekan ini, warganet diramaikan dengan perbincangan seputar kasus pencuri cokelat di sebuah minimarket. Setelah videonya viral, pelaku kembali ke minimarket dengan membawa seorang pengacara. Meski berakhir lewat jalur damai, rasa penasaran publik masih berlanjut. Kasus pencurian cokelat di Alfamart, Cisauk, Tangerang yang viral di media sosial membuat gerai retail itu kian ramai pembeli. Banyak yang datang hanya sekadar ingin mengetahui cerita dari peristiwa itu.

Baca juga : KontraS: Segera Revisi UU ITE

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait pelecehan di grup WA kantor bisa dilaporkan!

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending