Bagikan:

FOMO Sapiens : Indonesia Negara Terindah dan Diskriminasi Mahasiswa Gender Netral

Indonesia menjadi negara terindah nomor satu di dunia versi majalah Forbes tahun 2022. Sementara, seorang mahasiswa gender netral berinisial MNA, diusir dari ruangan oleh dosennya.

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 26 Agus 2022 16:00 WIB

FOMO Sapiens : Indonesia Negara Terindah dan Diskriminasi Mahasiswa Gender Netral

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Indonesia menjadi negara terindah nomor satu di dunia versi majalah Forbes tahun 2022. Itu berdasarkan analisis terumbu karang, hutan hujan tropis, gunung berapi hingga gletser. Meski begitu, ada juga ancaman terhadap keindahan Indonesia. Apa saja?

Seorang mahasiswa gender netral berinisial MNA, diusir dari ruangan oleh dosennya saat tengah mengikuti ospek. Dua dosen yang mengusir MNA akhirnya diberi sanksi berupa teguran dan MNA tetap bisa berkuliah. Ini memunculkan pertanyaan mengenai seberapa inklusifnya lingkungan kampus terhadap ragam gender.

1. Indonesia Negara Terindah

Indonesia didapuk sebagai peringkat pertama negara terindah di dunia dan berhasil mengalahkan negara-negara indah lainnya seperti Selandia Baru yang berada di posisi kedua dan Perancis yang menduduki peringkat kedelapan. Studi ini menentukan urutan 50 besar negara terindah di dunia lewat analisa berapa jumlah keajaiban alam di setiap lokasi di negara-negara tersebut. Dalam penilaian, Indonesia menduduki peringkat pertama negara terindah di dunia dengan skor keindahan alam 7,77 dari 10. Meski demikian, masih ada ancaman terhadap keindahan Indonesia. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Jubir G20 Sebut Permasalahan Sampah Menumpuk di Indonesia

2. Diskriminasi Mahasiswa Gender Netral

Pekan ini, warganet diramaikan dengan perbincangan seputar video viral MNA, seorang mahasiswa baru Universitas Hasanuddin, Makassar yang dikeluarkan dari kelas pasca mengaku dirinya bergender non-biner. Non-biner atau gender netral merupakan salah satu identitas gender yang diakui keberadaannya oleh komunitas psikolog internasional. Bahkan sejarah dan budaya kita sudah lama mengakui ragam gender selain laki-laki dan perempuan. Seperti apa?

Baca juga : Zen : Anime Bikin Kesadaran Atas Gender Gue Muncul

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait perkara dugaan kebocoran data BUMN dan instansi pemerintah.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending