Bagikan:

DPR Desak Kapolri Buka Motif Pembunuhan Brigadir J

Pertanyaan masyarakat yang paling sering kami dengar, apa yang terjadi di Magelang?

NASIONAL

Rabu, 24 Agus 2022 16:05 WIB

DPR Desak Kapolri Buka Motif Pembunuhan Brigadir J

Kapolri Listyo Sigit Prabowo raker Komisi III DPR di Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/22). (Antara/Aprillio Akbar)

KBR, Jakarta - Kalangan anggota DPR meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo membuka motif pembunuhan terhadap Brigadir Yosua atau Brigadir J. 

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Adies Kadir mengatakan motif pembunuhan J menjadi pertanyaan khalayak masyarakat luas.

Jika motif tak kunjung dibuka ke publik, kata Adies, justru akan menimbulkan spekulasi. Itu disampaikan Adies saat rapat dengar pendapat dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

"Kenapa harus dijawab? Karena kami khawatir, kalau tidak dijawab, masyarakat berpikir ada apa dengan kasus ini? Karena kasus-kasus yang lain dengan gamblang Polri itu menyampaikan motif-motif yang menjadi pertanyaan masyarakat. Pertanyaan masyarakat yang paling sering kami dengar, apa yang terjadi di Magelang?," kata Adies dalam rapat di DPR, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Pakar Pidana: Motif Sambo Bakal Tentukan Vonis Hakim

Adies Kadir menambahkan, jangan sampai motif pembunuhan Brigadir Yosua terus-menerus menjadi pertanyaan di tengah masyarakat. Jika memang hanya boleh dibuka di persidangan, dia meminta Kapolri memberi alasan.

"Paling tidak berilah alasan kenapa hal itu bisa menunggu persidangan. Apa sebenarnya yang terjadi dengan motif kasus ini, yang membuat masyarakat menunggu sebenarnya dengan motif itu, apa?" kata dia.

Desakan agar Kapolri membuka motif pembunuhan Yosua juga disampaikan oleh beberapa anggota DPR komisi hukum lainnya.

Dalam paparan awal di depan DPR, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan motif pembunuhan Yosua karena Ferdy Sambo marah setelah mendengar laporan istrinya yang mencederai harkat martabat keluarga. Kata dia, penjelasan motif itu akan diungkap di persidangan.

Baca juga: Pengakuan Ferdy Sambo, Bunuh Brigadir J Demi Martabat Keluarga

Dalam kasus tewasnya Brigadir Yosua, polisi menetapkan lima orang sebagai tersangka. Yaitu bekas Kadiv Propam Ferdy Sambo, istrinya yakni Putri Candrawati, Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Brigadir RR alias Ricky Rizal, dan KM alias Kuat Maruf.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kejar Tayang Pengesahan RKUHP