Bagikan:

Cek Fakta: Cara Mengidentifikasi Ular Berbisa Dengan Cara Melihat Bentuk Kepalanya

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 20 - 26 Agustus 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Rabu, 31 Agus 2022 11:50 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Cara Mengidentifikasi Ular Berbisa Dengan Cara Melihat Bentuk Kepalanya

Situs Tech Insider Rusia menerbitkan artikel yang memberitahu cara-cara untuk membedakan ular berbisa dan yang tidak berbisa, salah satunya dengan cara melihat bentuk kepalanya. Artikel tersebut memberikan klaim bahwa ular berbisa cenderung memiliki bentuk kepala oval dan memiliki kantung racun seperti benjolan daging di sisi kepalanya, sedangkan ular yang tidak berbisa memiliki bentuk kepala oval. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 20 - 26 Agustus 2022 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video Dan Narasi seolah Masyarakat Boleh Ditembak

Sebuah akun Twitter mengunggah video kolase dengan narasi dalam video "beda TNI dan polri". Dalam video tersebut terlihat Tito Karnavian saat menjabat sebagai Kapolri seolah menanyakan kepada anggota polisi bahwa masyarakat boleh ditembak atau tidak, lalu dijawab boleh oleh anggota polisi. Kemudian di video lain terdapat pernyataan dari anggota TNI bahwa lebih baik mereka tidak makan dan menderita dari pada masyarakat yang menderita.

Kereta di Jepang Edisi Kemerdekaan RI

Sebuah akun Tiktok mengunggah video yang menunjukkan sebuah kereta listrik gantung yang tengah melintasi perlintasan kota. Dalam video tersebut terdengar suara orang yang menyuruh membunyikan klakson kereta tersebut yang bernada lagu Hari Kemerdekaan atau yang lebih dikenal dengan lagu 17 Agustus.

Cara Mengidentifikasi Ular Berbisa Dengan Cara Melihat Bentuk Kepalanya

Situs Tech Insider Rusia menerbitkan artikel yang memberitahu cara-cara untuk membedakan ular berbisa dan yang tidak berbisa, salah satunya dengan cara melihat bentuk kepalanya. Artikel tersebut memberikan klaim bahwa ular berbisa cenderung memiliki bentuk kepala oval dan memiliki kantung racun seperti benjolan daging di sisi kepalanya, sedangkan ular yang tidak berbisa memiliki bentuk kepala oval.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: p[email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta : Video dengan Narasi Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP pada 1 Juli 2022

Cek Fakta : Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Komunitas Biboki Lestarikan Tenun Ikat Tradisional

Living Law, Apa Dampaknya Jika Masuk dalam RKUHP?

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending