Bagikan:

BMKG: Waspada, Musim Hujan Datang Lebih Awal

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, di sebagian besar wilayah Indonesia, puncak musim hujan akan terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023.

NASIONAL

Rabu, 31 Agus 2022 19:09 WIB

musim hujan

Warga berteduh di bawah payung saat hujan lebat di kawasan MH Thamrin dan Bunderan HI, Jakarta. (Foto: ANTARA/M Agung Rajasa)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, puncak musim hujan 2022-2023 akan datang lebih awal. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, di sebagian besar wilayah Indonesia, puncak musim hujan akan terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Menurutnya, puncak musim hujan ini akan dialami 295 zona musim (ZOM) atau 42,2% wilayah, dengan kondisi hujan normal.

"Musim hujan pada tahun 2022-2023 akan datang lebih awal dibandingkan normalnya dengan sifat hujan yang mirip atau sama dengan kondisi musim hujan biasanya, itu secara umum. Namun mohon perhatian khusus tadi sebanyak 26,47% atau 185 zona musim akan mengalami musim hujan di atas normalnya atau lebih basah," kata Dwikorita dalam keterangan pers, Rabu (31/8/2022).

Dwikorita menjelaskan, wilayah-wilayah yang akan mengalami musim hujan yang lebih basah diantaranya sebagian Pulau Sumatera, sebagian Pulau Jawa bagian timur, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Bali, sebagian Nusa Tenggara Barat, sebagian Pulau Sulawesi bagian utara, sebagian Papua Barat, dan sebagian Papua bagian selatan.

Baca juga:

BMKG Akan Percepat Penyampaian Peringatan Dini

Antisipasi Dampak Perubahan Iklim, Jokowi: Perlu Kebijakan Tangguh

Dengan kondisi ini, Dwikorita mengimbau kepada seluruh mitra kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan berbagai pihak serta masyarakat untuk tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang akan memasuki musim hujan lebih awal atau maju. Kata dia, awal musim hujan bahkan sudah terjadi pada bulan Agustus 2022 di 46,5% dari total 699 ZOM. Wilayah-wilayah itu di antaranya sebagian Pulau Sumatera bagian selatan, sebagian Pulau Jawa, sebagian Pulau Kalimantan bagian timur, sebagian Bali, Nusa Tenggara Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur, sebagian Pulau Sulawesi Maluku Utara bagian selatan, Maluku bagian barat, dan Papua bagian barat dan selatan.

Datangnya musim hujan yang lebih awal ini, kata Dwikorita, bisa dimanfaatkan oleh sektor pertanian untuk memulai aktivitas musim tanam lebih cepat.

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Rendahnya Serapan APBN hingga Penghujung 2022

Most Popular / Trending