BERITA

Satgas: Penularan Virus Korona Varian Delta Turun 10 Persen dalam 2 Pekan

Satgas: Penularan Virus Korona Varian Delta Turun 10 Persen dalam 2 Pekan

KBR, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengklaim penularan virus COVID-19 varian Delta mulai menurun dalam beberapa waktu terakhir.

Kepala Sub Direktorat Tracing Satgas Covid-19 Koesmedi Priharto menyebut penularan varian Delta di beberapa wilayah di Indonesia menurun 10 persen dalam dua pekan.

"Angka terakhir itu dua minggu yang lalu, (dengan) pemeriksaan whole genome sequencing itu turun 10 persen. Makanya kita lihat beberapa kondisi sekarang di beberapa daerah menurun angka tersebut," kata Koesmedi dalam Dialog Kenal dan Cegah Varian Baru Covid-19, Rabu (4/7/2021).

Koesmedi Priharto mengatakan virus Covid-19 varian Delta dikenal lebih cepat menular dibanding jenis lainnya.

Namun demikian ia mengimbau masyarakat tidak panik dan membiasakan pola hidup sehat dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Moga-moga Delta menjadi lebih stabil sehingga kita bisa lebih cepat mengendalikan," katanya.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyatakan varian Delta virus Covid-19 telah menyebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia.

"Varian Delta mendominasi 86 persen spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, berasal dari 24 provinsi. Dapat dikatakan persebaran ini hampir merata di seluruh Indonesia," kata Nadia mengutip Antara, Minggu (1/8/2021).

Naik di luar Jawa

Pada akhir Juli lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan ketika kasus COVID-19 di Jawa mulai menurun, kasus di luar Jawa menunjukkan tren kenaikkan.

Jokowi mengatakan untuk di wilayah Jawa, penurunan kasus terlihat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta. Di sana tingkat keterisian tempat tidur turun dari semula 90 persen menjadi di bawah 40 persen.

"Saya melihat angka-angka tadi di wilayah-wilayah di Pulau Jawa sudah mulai melandai, turun pelan-pelan. Tetapi yang di luar Jawa gantian naik. Inilah memang varian Delta ini penularannya sangat cepat sekali," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (30/7/2021).

Satgas Penanganan Covid-19 memberikan alarm kepada lima provinsi di luar Jawa akan kenaikan kasus Covid-19. Lima provinsi itu adalah Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Riau, NTT, dan Sulawesi Selatan.

Editor: Agus Luqman

  • Varian Delta
  • COvid-19
  • pandemi
  • Kemenkes
  • PPKM Jawa Bali
  • PPKM Level 4

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!