Bagikan:

Pentingkah Menjaga Keamanan Sistem Pembayaran Digital?

"Ke depan ada sejumlah tantangan dan risiko yang dihadapi terkait sistem pembayaran digital mulai dari pembayaran tak terbayar hingga risiko fraud atau penipuan,"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 27 Agus 2021 16:14 WIB

Pentingkah Menjaga Keamanan Sistem Pembayaran Digital?

ilustrasi

KBR, Jakarta - Lembaga pemantau ekonomi, Center of Reform and Economics (CORE) mengingatkan akan pentingnya menjaga keamanan di sistem pembayaran digital, atau digital system payment.

"Ke depan ada sejumlah tantangan dan risiko yang dihadapi terkait sistem pembayaran digital mulai dari pembayaran tak terbayar hingga risiko fraud atau penipuan," katanya Ekonom CORE, Piter Abdulah saat diskusi virtual bertajuk "Digital Payment Jadi Tren di Masa Pandemi, Bagaimana Keamanannya?" di kanal Youtube Tempodotco, Jumat (27/8/21).

Menurut Piter, diperlukan keterlibatan banyak pihak, untuk bisa menjaga keamanan pembayaran digital.

"Yang pertama adalah Regulator, terus mencoba untuk menjaga keamanan digital payment karena memang tujuannya dari BI sebagai otoritas sistem pembayaran memang bertugas menjaga keamanan dan kelancaran sistem pembayaran," kata Piter

Baca: Tantangan Perkembangan Bank Digital di Indonesia

Selain regulator, kata Piter, pihak lain yang perlu turut andil dalam menjaga keamanan yakni penyelenggara jasa pembayaran digital itu sendiri.

"Terakhir kata Piter, masyarakat juga memiliki peran untuk memastikan keamanan pembayaran digital ini," pungkasnya.

Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih