covid-19

Mengapa Wilayah Jabodetabek Belum Diperbolehkan Belajar Tatap Muka?

Sebagian besar tenaga pengajar dan peserta didik telah divaksin Covid-19.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 20 Agus 2021 17:42 WIB

Author

Heru Haetami

Mengapa Wilayah Jabodetabek Belum Diperbolehkan Belajar Tatap Muka?

Ilustrasi simulasi pembelajaran tatap muka di SD Santo Yusup, Bandung, Jawa Barat, Senin (07/06/21). Foto: ANTARA/Agung Rajasa

KBR, Jakarta- Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) belum diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM), meski sebagian besar tenaga pengajar dan peserta didik telah divaksin Covid-19.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan berdasarkan aturan pemetaan level daerah dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM Jawa-Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek masih dalam status level 4.

"Kegiatan belajar mengajar 100 persen masih dilakukan secara daring. Kegiatan tatap muka di wilayah Jabodetabek bisa dilakukan jika kondisi kasus lebih terkendali, sehingga level daerah menurun menjadi lebih baik," kata Wiku dalam siaran pers secara daring, Kamis (19/8/2021).

Baca juga:

Pulau Jawa dan Luar Jawa

Wiku Adisasmito menambahkan, bagi daerah di Pulau Jawa-Bali yang masuk level 3 dan 2, dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan.

Hal tersebut juga berlaku untuk daerah di luar Pulau Jawa-Bali yang masuk level 3 dan level 2 dengan zona risiko hijau dan kuning.

Selain itu, sesuai Surat Keputusan Bersama Empat Menteri (SKB 4 Menteri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), disebutkan tenaga pengajar dan peserta didik wajib sudah divaksin.

Baca juga:

Lampu Hijau dari Presiden Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengizinkan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah bisa dilakukan jika para pelajar sudah divaksin Covid-19.

Jokowi menginginkan proses belajar tatap muka di sekolah berjalan aman, sehingga para murid bisa terhindar dari penularan virus korona.

Hal itu disampaikannya saat meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis, 19 Agustus 2021.

"Jadi nanti untuk semua pelajar di tanah air, kalau nanti sudah divaksin, silakan dilakukan langsung belajar tatap muka, karena kan SKB-nya sudah ada," ucap Jokowi.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8