covid-19

Lima Provinsi Ini Alami Peningkatan Level PPKM

"Lima provinsi di luar Jawa-Bali dengan peningkatan PPKM level 4 terbanyak adalah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 13 Agus 2021 13:26 WIB

Author

Fachri Iman

Lima Provinsi Ini Alami Peningkatan Level PPKM

ilustrasi penerapan PPKM

KBR, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat, lebih dari 240 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 4.

Pelaksana Harian Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Suhajar Diantoro mengatakan, lima provinsi di luar Jawa-Bali dengan peningkatan PPKM level 4 terbanyak adalah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

"Data tersebut, berdasarkan evaluasi pemerintah pusat setiap pekannya," katanya saat rapat evaluasi PPKM Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali secara daring di Jakarta, Jumat (13/08/2021).

Suhajar mengingatkan agar tim gabungan penanganan pandemi Covid-19 di masing-masing daerah terus menerapkan 3T dan 5M secara optimal.

“Hasil evaluasi kita di akhir minggu ini, akan menentukan keputusan di minggu berikutnya. Kita lanjutkan, ada perbaikan-perbaikan atau tidak. Jadi, kawan-kawan sekarang konsentrasi kita adalah apakah level anda naik ke level empat, turun ke level tiga, turun ke level dua, atau dari level dua naik ke level tiga, itulah yang menjadi konsentrasi kawan-kawan di daerah sesungguhnya. Nah, oleh karena itu, perhatikan betul angka-angka yang menjadi indikator penghitung untuk menentukan level status kabupaten/kota dan provinsi anda,” jelasnya.

Suhajar menambahkan, pemerintah daerah perlu memperhatikan indikator-indikator yang digunakan oleh pemerintah pusat dalam menetapkan level PPKM di daerah. Di antaranya adalah angka positif, tingkat kesembuhan, angka kematian, serta tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit.

Ia berharap, pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, serta BPBD di daerah masing-masing, untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19.

"Pemerintah Daerah juga diminta aktif melaporkan data penanganan pandemi ke tingkat pusat melalui situs bersatulawancovid.id yang telah disediakan," pungkas Suhajar Diantoro.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mampukah Polisi Respons Cepat Kasus yang Libatkan Anggotanya?