covid-19

Kantor Polsek Nimboran di Jayapura Dibakar, Aparat Gabungan Bersiaga

Sepucuk senjata api laras panjang dan inventaris milik Polsek Nimboran juga hangus bersama kantor yang dibakar. 

BERITA | NASIONAL

Selasa, 03 Agus 2021 16:26 WIB

Kantor Polsek Nimboran di Jayapura Dibakar, Aparat Gabungan Bersiaga

Ilustrasi petugas kepolisian membersihkan puing-puing pembakaran polsek, Rabu (24/10/2018). Foto: IRP

KBR, Jayapura- Aparat gabungan TNI-Polri hingga kini masih disiagakan di kawasan sekitar Polsek Nimboran, Kabupaten Jayapura, Papua. Penjagaan dilakukan aparat gabungan setelah sekelompok warga membakar polsek pada Senin siang, 2 Agustus 2021.

Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri mengatakan penjagaan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Ia menjelaskan, pembakaran Polsek Nimboran bermula ketika anggota polisi piket menerima laporan adanya seorang pemuda mabuk yang diduga memalak pengendara yang melintas di jalan raya.

Ketika anggota polisi tiba di lokasi untuk menghentikan aksi tersebut, pemuda bernama Fredik Sem (22 tahun) melakukan perlawanan. Menyerang polisi dengan linggis.

Karena merasa terancam, polisi mengeluarkan tembakan peringatan ke udara. Akan tetapi Fredik justru bertindak makin brutal. Polisi kemudian mengeluarkan tembakan peringatan ke arah bawah. Namun, peluru memantul dan mengenai Fredik.

Kata dia, mendengar Fredik tertembak, puluhan keluarga korban yang tidak terima mendatangi Polsek Nimboran, kemudian melakukan pembakaran.

"Orang mabuk, buat keonaran. Anggota datang respons. Melawan atau apa saya tidak tahu, sehingga anggota melakukan tindakan, menembak. Isu itu keluar ke keluarganya bahwa meninggal. Itu yang membuat masyarakat respons datang ke kantor polsek, karena waktu itu memang masih sepi, kemudian melakukan pembakaran," kata Mathius Fakhiri, Selasa (3/8/2021).

Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri menjelaskan, kasus tersebut kini ditangani Polres Jayapura. Sedangkan korban yang tertembak saat ini dalam perawatan di rumah sakit.

Mathius menyebut, pembakaran kantor Polsek Nimboran mengakibatkan kerugian materil. Sebelas sepeda motor rusak, selain itu ada kendaraan dinas, milik pribadi dan barang bukti ikut terbakar. Sepucuk senjata api laras panjang dan inventaris milik Polsek Nimboran juga hangus bersama kantor yang dibakar.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11