covid-19

Kadin Minta Pemerintah Buka Mal

Langkah itu bisa dilakukan dengan catatan para pengusaha telah memastikan seluruh pekerja sudah divaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 06 Agus 2021 16:53 WIB

Author

Yovinka Ayu

Kadin Minta Pemerintah Buka Mal

Ilustrasi suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, saat pandemi Covid-19, Kamis (19/3/2020). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah mengizinkan sektor industri berorientasi ekspor bisa kembali beroperasi penuh, baik yang esensial maupun kritikal. Hal ini mengingat ekspor pada kuartal kedua 2021 berhasil mencatatkan kinerja positif.

Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid mengatakan para pengusaha ingin menjadikan pertumbuhan ini sebagai momentum untuk mendorong kinerja ekspor. Setidaknya Indonesia dapat mengambil posisi sebagai salah satu negara utama yang membantu rantai pasok dunia.

“Kalau tidak kita lakukan seratus persen akan sulit sekali, karena industri yang sangat esensial dan export oriented. Kita juga mesti melihat bahwa ada global demand yang sekarang ini contohnya komoditas dan ekspor kita naik,” kata Arsjad dalam Dialog Ekonomi tentang Kinerja Ekonomi Kuartal II 2021, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, langkah itu bisa dilakukan dengan catatan para pengusaha telah memastikan seluruh pekerja sudah divaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Mal dan Ritel

Selain itu, Kadin juga meminta pemerintah dapat membuka bisnis mal dan ritel dengan syarat pengunjung harus sudah divaksinasi.

“Bilamana orang yang ingin masuk (mal), harus ada kartu vaksin. Walau bagaimanapun proses ekonomi jalan, di sisi lain vaksin adalah persyaratan. Di luar sekarang kebanyakan seperti itu,” ujar Arsjad.

Kata dia, vaksinasi bukan dimaksudkan menjadi pembeda. Sebab, tidak ada cara lain, karena vaksinasi adalah salah satu kunci pengendalian pandemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekspor Indonesia pada kuartal II/2021 meningkat 55,89 persen secara tahunan atau tumbuh 10,36 persen jika dibandingkan kuartal I/2021.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung