covid-19

Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Begini Strategi Menkes

"Strategi untuk hidup bersama epidemi seperti arahan bapak presiden. Dan itu akan dilakukan di bidang kesehatan,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 24 Agus 2021 12:04 WIB

Author

Heru Haetami

Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Begini Strategi Menkes

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin

KBR, Jakarta-  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan segera mempersiapkan strategi menjalankan tatanan hidup berdampingan dengan Covid-19.  Budi mengaku, hal itu instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas evaluasi penerapan PPKM level 2 hingga 4.

"Bahwa ke depannya kita tidak hanya bicara mengenai strategi penanganan pandemi atau strategi mengatasi pandemi. Tetapi strategi untuk hidup bersama epidemi seperti arahan bapak presiden. Dan itu akan dilakukan di bidang kesehatan, akan dilakukan di bidang testing dan tracing dan akan dilakukan juga di bidang perawatan atau therapeutic," kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Senin (24/8/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, strategi pertama yakni akan diperkuat pelaksanaan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi menggunakan aplikasi pedulilindungi.

"Yang pertama yang paling penting agar kita bisa menyeimbangkan antara hidup yang sehat dan hidup yang bermanfaat secara ekonomi, yang paling penting adalah protokol kesehatannya harus diimplementasikan dengan disiplin. Arahan Bapak Presiden kita harus waspada dan protokol kesehatan di masing-masing kota dibuka secara bertahap," ucap Budi

Budi menjelaskan, pengetatan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi itu akan diimplementasikan di sektor perdagangan, industri dan perkantoran, pendidikan, transportasi, pariwisata serta pada kegiatan keagamaan.

Baca: Daerah Ini Pernah Seminggu Tanpa Vaksinasi, Apa Kata Menteri Kesehatan?

Ia menambahkan, strategi lainnya yang juga perlu ditingkatkan untuk manjalankan hidup berdampingan dengan Covid-19 yakni memperkuat testing dan tracing.

"Arahan bapak presiden nanti tracing dan testing ini terarah, tidak masal, benar-benar yang butuh atau istilahnya para ahli kesehatan adalah testing epidemiologi. Bukan untuk skrining tertentu, testing yang dilakukan ke suspek dan kontak erat yang memang bergejala. Bukan semua orang dites karena mau melakukan aktivitas tertentu," katanya.

Untuk menjalankan hidup berdampingan dengan Covid-19 kata dia, juga harus memperkuat strategi perawatan. Budi menyebut akan disiapkan pelayanan perawatan primer dan lokasi isolasi bagi pasien bergejala ringan. Sehingga kata dia, rumah sakit hanya diperuntukan bagi pasien bergejala berat saja.

"Bapak Presiden memberikan arahan secara spesifik bahwa nantinya harus ada perawatan untuk layanan primer, isolasi-isolasi dengan pengobatan dasar. Baik itu puskesmas maupun klinik untuk merawat orang-orang yang hanya perlu pengobatan atau perawatan di tahap dasar," katanya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mampukah Polisi Respons Cepat Kasus yang Libatkan Anggotanya?