covid-19

FOMO Sapiens: Harga PCR Swab Masih Mahal dan Perkara Memilih Childfree

Meski turun, harga tes PCR dinilai masih mahal. Lainnya, perkara childfree atau punya anak

BERITA | NASIONAL

Jumat, 20 Agus 2021 13:08 WIB

FOMO Sapiens: Harga PCR Swab Masih Mahal dan Perkara Memilih Childfree

Ilustrasi highlight berita pekan ini. (Foto : KBR)

KBR (Jakarta)- Harga tes swab PCR turun hingga hampir 50 persen, per 17 Agustus 2021 lalu. Sebelumnya harga maksimal tes swab PCR  Rp900 ribu, menjadi Rp500 ribu. Meski begitu, masih saja menuai pro kontra. Harga tersebut dianggap masih mahal oleh masyarakat. Kabar lain yang dibahas dalam FOMO Sapiens pekan ini adalah soal childfree, yang menuai beragam pendapat. Pilihan untuk memiliki anak atau tidak pun ramai diperbincangkan warganet.

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

Meski harga tes PCR turun, kok masih mahal?

Beberapa hari lalu, Presiden Jokowi meminta Kemenkes untuk menurunkan harga tes swab PCR menjadi maksimal Rp495 ribu untuk Jawa-Bali dan Rp550 ribu untuk selain Jawa-Bali. Meskipun penurunan tarif tersebut mencapai hampir 50 persen dari harga sebelumnya, banyak masyarakat yang merasa bahwa harga PCR di Indonesia masih mahal. Terlebih jika dibandingkan dengan India, yang hanya dipatok sekitar Rp100 ribu. Apakah hanya Indonesia yang mematok harga relatif mahal untuk tes swab PCR? Lantas, apa penyebab mahalnya harga PCR di Indonesia?

Baca juga: ICW: Masih Ada Peluang Terjadinya Permainan Tarif Tes PCR

Viralnya perkara Childfree

Perbincangan soal preferensi memiliki anak menjadi ramai setelah seorang influencer secara terbuka memutuskan untuk childfree. Ragam pendapat bermunculan, mulai dari perempuan yang seharusnya memutuskan, laki-laki yang berperan sebagai pemimpin rumah tangga, dan lainnya. Sebenarnya, apa sih kelebihan dan kekurangan childfree? Dan apakah ada konsekuensinya?

Selain dua kabar di atas, FOMO Sapiens pekan ini juga membahas mengenai serba-serbi proses TWK pegawai KPK dan pelanggaran HAM yang terjadi di dalamnya, juga tentang sidang perdagangan anjing di Kulon Progo.

Simak obrolannya di FOMO Sapiens pekan ini bareng Ian Hugen dan Aika Renata!

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Tuberkulosis (TB) pada Anak