BERITA

BPS: Inflasi Juli 0,08 Persen

""Kalau dilihat komoditas penyumbang inflasi di Sorong di antaranya kenaikan harga komoditas ikan kembung dengan andil 0,52 persen, kenaikan harga cabai rawit yang mengambil andil 0,22 persen" "

BPS: Inflasi Juli 0,08 Persen
Presentasi inflasi yang disampaikan BPS saat menyampaikan Berita Resmi Stastistik. (Foto: tangkapan layar konpres BPS)

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi sebesar 0,08 persen di Juli 2021.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan dari 90 kota yang disurvei BPS, 61 kota mengalami inflasi dan 29 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Sorong sebesar 1,51 persen, sementara deflasi tertinggi terjadi di Manokwari, sebesar 0,60 persen.

"Kalau dilihat komoditas penyumbang inflasi di Sorong di antaranya kenaikan harga komoditas ikan kembung dengan andil 0,52 persen, kenaikan harga cabai rawit yang mengambil andil 0,22 persen dan ikan tongkol sebesar 0,14 persen," kata Margo saat merilis Berita Resmi Statistik secara daring di Jakarta, Senin (2/8/21).

Margo menambahkan deflasi di Manokwari disebabkan penurunan harga pada komoditas ikan mumar, kangkung dan tomat.

Ia menambahkan, tingkat inflasi tahun kalender (Januari–Juli) 2021 sebesar 0,81 persen. Sementara tingkat inflasi tahun ke tahun (Juli 2021 terhadap Juli 2020) sebesar 1,52 persen.

Editor: Kurniati Syahdan

  • inflasi
  • BPS
  • Juli 2021

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!