BERITA

KPK: Novel Siap Diperiksa, Kami Tunggu Surat Resmi Polisi

KPK: Novel Siap Diperiksa, Kami Tunggu Surat Resmi Polisi

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mempertanyakan komitmen Markas Besar Kepolisian Indonesia dalam mengusut kasus penyiraman air keras kepada Novel Baswedan.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan hingga saat ini Mabes Polri belum juga mengirimkan surat izin resmi untuk memeriksa Novel Baswedan yang kini sedang dirawat di Singapura.


Febri mengatakan, permintaan izin pemeriksaan terakhir kali disampaikan saat Kapolri Tito Karnavian menyambangi gedung KPK beberapa waktu lalu.

 

Febri mengatakan KPK sudah berkomunikasi dengan Novel, agar proses pemeriksaan bisa segera dilakukan.


"Prinsipnya, Novel sudah siap diperiksa. Baik Novel ataupun bagi KPK. Kami juga sudah koordinasi dengan Polri. Kami sekarang menunggu surat resmi dari Polri karena tentu untuk pemeriksaan itu ada surat yang perlu kami terima, setelah itu kita koordinasikan untuk menentukan waktu pemeriksaannya," kata Febri Diansyah di Kantor KPK, Jakarta, Jumat (11/8/2017).


Baca juga:


Febri mengatakan surat resmi tersebut sangat dibutuhkan mengingat ini berkaitan dengan dua lembaga negara.


Selain itu, kata Febri, surat itu juga bakal menjadi landasan bagi tim dokter yang menangani Novel terutama kesiapan secara medis kapan Novel menjalani pemeriksaan.


Febri memastikan proses pemeriksaan dari kepolisian terhadap Novel di Singapura akan didampingi satu orang pimpinan dan satu orang penyidik KPK.


"Nanti akan kami atur lagi, yang pasti pimpinan dan penyidik ke sana untuk mendampingi," ucapnya.


Terkait perkembangan kesehatan mata kiri Novel, Febri mengatakan, tim dokter masih mempertimbangkan tindakan operasi besar terhadap mata sebelah kiri penyidik senior KPK tersebut. Hal itu disebabkan karena jaringan kornea yang sebelumnya sempat menunjukan perkembangan yang positif, beberapa hari terakhir tidak terjadi lagi.


"Waktu pastinya sedang disesuaikan, karena Novel akan lakukan operasi besar di matanya dalam rentang tengah bulan Agustus ini. Kami akan carikan jadwal yang tepat agar pemeriksaan berjalan baik," tambahnya.


Sebelumnya, Kepolisian Indonesia menyebut Novel belum mau diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya untuk mengungkap kasus teror penyiraman air keras yang menimpa penyidik KPK itu.


Bahkan, menurut Juru bicara Mabes Polri Martinus Sitompul, Novel pernah menolak rencana penyidik Polda Metro Jaya mendatangi Novel di Singapura. Padahal polisi hanya meminta beberapa jam saja untuk memeriksa Novel.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • Novel Baswedan
  • #novel baswedan
  • penyerangan Novel Baswedan
  • teror novel baswedan
  • penyerangan terhadap Novel Baswedan
  • #Novelbaswedan
  • Novel Baswedan diserang
  • penyerangan Novel
  • sketsa penyerang Novel Baswedan
  • TGPF Kasus Novel Baswedan
  • kasus penganiayaan novel
  • #NovelAdalahKita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!