Temui Menteri PAN-RB, Kapolri Usulkan Tiga Polda 'Naik Kelas'

Dinamika krimininalitas di tiga daerah tersebut terbilang tinggi. Tiga daerah itu juga termasuk daerah padat penduduk dan berada di perbatasan.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 19 Agus 2016 11:41 WIB

Author

Gilang Ramadhan

Temui Menteri PAN-RB, Kapolri Usulkan Tiga Polda 'Naik Kelas'

Kapolri Tito Karnavian. (Foto: ANTARA)



KBR, Jakarta - Kapolri Tito Karnavian mengusulkan agar tiga Kepolisian Daerah (Polda) dinaikkan tingkatannya dari Polda Tipe B menjadi Tipe A.

Usulan itu disampaikan dalam pertemuan Kapolri Tito Karnavian dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur di Mabes Polri, Jumat (19/8/2016).

"Ada tiga Polda yang kita usulkan untuk naik tipologinya. Yakni Polda Riau, Polda Kepulauan Riau, dan Polda Lampung," kata Tito.

Tito beralasan, dinamika krimininalitas di tiga daerah tersebut terbilang tinggi. Tiga daerah itu juga termasuk daerah padat penduduk dan berada di perbatasan.

"Selain itu saya juga minta ada Polda baru di provinsi baru yaitu Kalimantan Utara. Itu juga di perbatasan. Ini yang sedang diproses beliau (Menteri PAN-RB). Ada juga beberapa Polres yang naik tipologinya," kata Tito Karnavian.

Dalam pertemuan tersebut, Tito mengatakan, Kementerian PAN-RB menyetujui pembentukan Polda Sulawesi Barat. Sebelumnya Kementerian PAN-RB juga sudah menyetujui kenaikan tingkat Polda Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara dari tipe B menjadi tipe A atau bintang dua.

"Baru disetujui Polda Sulawesi Barat. Rencananya hari Senin nanti akan saya resmikan di sana," ujar Tito.

Tipe Polda

Kepolisian Daerah (Polda) merupakan satuan pelaksana utama kewilayahan provinsi dan berada di bawah Kapolri. Polda dipimpin Kapolda yang bertanggung jawab kepada Kapolri.

Saat ini ada tipe Polda, yaitu tipe tertinggi Tipe A-K atau A+, Tipe A dan Tipe B.

Polda Tipe A-K hanya ada satu yaitu Polda Metro Jaya. Polda Tipe A ada 10 yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur (& Kalimantan Utara), Sulawesi Selatan dan Papua.

Tipe B berjumlah 22 Polda yaitu Polda di luar Tipe A+ dan Tipe A.

Polda Tipe A-K maupun Polda Tipe A dipimpin seorang perwira tinggi berpangkat Inspektur Jenderal. Sedangkan Polda Tipe B dipimpin perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal.

Saat ini di seluruh provinsi di Indonesia terdapat Polda, kecuali Provinsi Kalimantan Utara yang baru diusulkan pembentukannya.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme