BERITA

September, Pemerintah Targetkan Palapa Ring Barat Mulai Dibangun

September, Pemerintah Targetkan Palapa Ring Barat Mulai Dibangun



KBR, Jakarta- Pemerintah menargetkan proyek serat optik Palapa Ring paket barat mulai dibangun bulan depan. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pemerintah masih mengupayakan pembangunan proyek Palapa Ring paket tengah dan timur agar semuanya rampung pada 2019.

"Yang barat sudah loan signing, jadi diharapkan September sudah mulai dibangun. Nilainya Rp 900 miliar lebih, hampir Rp 1 triliun. Yang tengah, kami masih menunggu rencana financial closing dari konsorsium pemenang, ini kan BUMN lead-nya, LEN. Sedangkan yg yang timur, baru diumumkan pemenangnya," kata Rudiantara di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Senin (08/08/16).


Rudiantara mengatakan, kemajuan pengerjaan proyek Palapa Ring memang berbeda-beda, karena prosesnya juga dimulai pada waktu yang berbeda. Saat pembangunan paket barat senilai Rp 1,28 triliun siap dibangun, proyek bagian tengah masih harus menunggu rencana financial closing senilai Rp 1,38 triliun dari konsorsium pemenang. Adapun untuk proyek Palapa Ring paket timur, kontraknya direncanakan akan ditandatangani September mendatang, karena baru diumumkan pemenangnya. Kontrak Palapa Ring paket timur senilai lebih dari Rp 4 triliun.


Rudi berujar, saat ini pemerintah terus mengawasi rencana pembangunan proyek Palapa Ring agar rampung selesai target pada 2019. Kata dia, Palapa Ring akan menghubungkan 514 ibu kota kabupaten dan kotamadya dengan broadband. Proyek Palapa Ring termasuk dalam program pemerintah untuk membangun ketersediaan infrastruktur di bidang layanan jaringan serat optik. 


Editor: Rony Sitanggang

  • palapa ring barat
  • Menteri Informasi dan Komunikasi Rudiantara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!