BERITA

Pemerintah Luncurkan Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah

""Harus sesuai dengan tujuan pembangunan indonesia, seperti mengurangi kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran,""

Dian Kurniati

Pemerintah Luncurkan Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah
Kepala Bapenas Bambang Brojonegoro. (Foto: Antara)



KBR, Jakarta- Pemerintah meluncurkan masterplan arsitektur keuangan syariah hari ini. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, masterplan itu akan membuat pemerintah lebih mudah mengawasi perkembangan produk syariah di Indonesia.

Kata Bambang, Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, berpeluang menjadi negara dengan keuangan syariah terbesar di dunia.

"Jadi kami ingin nanti profil Islamic finance di Indonesia kelihatan. Tidak cuma "Oh ini Bank Syariah Mandiri, ini punya OJK punya inisiatif ini". Kami mau setiap inisiatif memiliki tujuan yang jelas, yaitu meningkatkan secara signifikan porsi keuangan syariah dalam di dalam aset keuangan nasional, dan kedua ekonomi syariah di indonesia, kalau kami di Bappenas, harus sesuai  dengan tujuan pembangunan indonesia, seperti mengurangi kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran," kata Bambang di Jakarta Convention Center, Selasa (02/08/16).


Bambang mengatakan, Indonesia memiliki peluang menjadi pusat keuangan syariah di dunia. Namun, ketentuan keuangan syariah itu sampai sekarang masih berbeda-beda antarlembaga keuangan. Sehingga, kata Bambang, pemerintah melalui Bappenas akan menyeragamkan aturan keuangan syariah itu agar lebih pelaksanaannya lebih tertata.


Bambang berujar, masterplan itu memiliki dua rekomendasi utama, yakni meningkatkan dan memperluas perbankan, pasar modal, keuangan syariah non bank, dan dana sosial, serta membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). KNKS adalah lembaga koordinator yang akan mengawasi semua pihak menjalankan fungsinya sesuai dengan masterplan.

KNKS akan diketuai presiden dan diwakili wapres. Sementara itu, anggotanya adalah kepala Bappenas, menteri koordinator bidang perekonomian, menteri keuangan, menteri BUMN, menteri koperasi dan UKM, menteri agama, ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan, gubernur Bank Indonesia, ketua Lembaga Penjamin Simpanan, dan ketua Majelis Ulama Indonesia.‎


Editor: Rony Sitanggang

  • keuangan syariah
  • masterplan
  • Kepala Bapenas Bambang Brodjonegoro

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!