KKP Gandeng SKK Migas dan K3S Untuk Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Pesisir

KKP melihat dana CSR mereka bisa dimanfaatkan dengan lebih optinal jika didukung data dari Balitbang.

BERITA | NASIONAL

Senin, 22 Agus 2016 11:23 WIB

Author

Ria Apriyani

KKP Gandeng SKK Migas dan K3S Untuk Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Pesisir

Ilustrasi kawasan pesisir. Foto: Aisyah/KBR

KBR, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi(SKK Migas) dan 300 perusahaan pelaksana kontraktor kontrak kerja sama (K3S) untuk memanfaatkan hasil penelitian KKP dalam kegiatan CSR masing-masing perusahaan K3S.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KKP, Zulficar Mochtar, mengatakan 47 persen dari 300 perusahaan tersebut beroperasi di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. KKP melihat dana CSR mereka bisa dimanfaatkan dengan lebih optinal jika didukung data dari Balitbang.

"Inisiatif-inisiatif K3S, SKK Migas ini, tentunya sangat strategis. Ada yang bergerak di bidang ekonomi, ada yang bergerak di bidang upaya penyelamatan lingkungan misalnya upaya penyelamatan terumbu karang atau transplantasi terumbu karang. Ada yang bergerak di berbagai inisiatif lembaga nelayan, memberikan bantuan-bantuan lainnya. Hal ini tentu sangat strategis jika disinergikan dengan inovasi, teknologi, dan data yang ada di Balitbang," ujar Zulficar di Gedung Mina Bahari III, Senin(22/8).

Zulficar Mochtar menambahkan ratusan perusahaan nantinya akan menentukan beberapa daerah yang akan menjadi pilot project awal. Teknologi yang diterapkan akan disesuaikan dengan kondisi lapangan dan data Balitbang. Ada beberapa opsi yang sedang mereka lirik yakni pemberian teknologi inventarisasi hasil tangkap, pemantauan kawasan perairan, optimasi penangkapan ikan, serta budidaya.

"Ini lokasinya agak banyak terus terang. Ada di pulau terluar, di pesisir. Kita akan coba pilih 20 atau 30 dulu yang akan kita jadikan proyek awal," imbuhnya.

Zulficar berharap dengan adanya kerjasama ini, pemerintah dan pihak-pihak pemangku kepentingan di bidang migas dapat sejalan dalam mengembangkan masyarakat. Target dari KKP, program ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir.

Berita lain: Pemerintah: Sektor Energi Paling Siap Holding

Editor: Sasmito 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal