Ini Persiapan Kemenpar Bangun Infrastruktur di Danau Toba

"Jadi, bayangannya nanti (Danau Toba) akan seperti kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung atau yang sudah jadi itu (kawasan ekonomi khusus) Nusa Dua."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 18 Agus 2016 11:52 WIB

Author

Andi M Arief

Ini Persiapan Kemenpar Bangun Infrastruktur di Danau Toba

Salah satu sudut kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: maritim.go.id)



KBR, Jakarta - Kementerian Pariwisata akan membangun beberapa infrastruktur di sekitar Danau Toba di Sumatera Utara, untuk menjadikan Danau Toba sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun membangun amenitas (fasilitas penunjang di tempat wisata), resor wisata dan infrastruktur lainnya di Danau Toba.

Namun, Arief mengatakan, tidak menutup kesempatan bagi sektor swasta untuk ikut bergabung mengembangkan wisata Danau Toba.

"Tourism resort di sana yang akan kita bangun. Di sana, (akan kita bangun) sekitar 500 hektar. Jadi, bayangannya adalah seperti kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung atau yang sudah jadi itu (kawasan ekonomi khusus) Nusa Dua. Atau, kalau rekan-rekan juga lihat, (rencananya akan seperti) kawasan ekonomi khusus pariwisata Mandalika. Itu akan terjadi di Danau Toba," kata Arief.

Menteri Pariwisata mengatakan pembangunan akses perhubungan seperti bandara dan jalan tol juga akan segera dikerjakan.

Arief mencontohkan, nanti Kementerian Pariwisata akan memperpanjang runway (landas pacu) dari 1.800 meter menjadi 2.650 meter, dan memperlebar taxiway (jalur landasan penghubung ke parkiran pesawat) dari 30 meter menjadi 45 meter di Bandara Silangit. Selain itu, desain untuk pembuatan Bandara Sibisa di kawasan Toba Samosir akan rampung tahun ini.

"Lalu, Inner-Ringroad dan Outer-Ringroad menuju Danau Toba akan kita buat. Jalan tol dari Kuala Namu ke Tebing Tinggi juga akan kita buat," tambah Arief.

Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pembentukan Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Danau Toba sudah rampung. Kementerian juga sudah menunjuk seorang kepala BOP Danau Toba. Akan tetapi, Arief enggan merinci susunan pengurus BOP Danau toba lebh lanjut.

"Sudah ditetapkan. Orangnya juga sudah ditetapkan. Diharapkan (BOP Danau Toba) sudah mulai efektif mulai bulan depan (September). (Siapa ketua BOP Danau Toba?) Biasa saja (orangnya). Nanti kan bisa dilihat," jawab Arief.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8