BERITA

Buka Jambore Nasional, Jokowi: Pramuka Tidak Boleh Salah Gunakan Medsos

"Jokowi berpesan agar anggota Pramuka tidak menyalahgunakan media sosial untuk hal-hal negatif."

Ade Irmansyah

Buka Jambore Nasional, Jokowi: Pramuka Tidak Boleh Salah Gunakan Medsos
Presiden Joko Widodo. Foto: Adhar Muttaqin/KBR

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo yang sekaligus Ketua Mabinas Gerakan Pramuka meminta anggota Pramuka menggunakan media sosial (medsos) untuk membumikan gerakan Pramuka. Dengan begitu kata dia, Gerakan Pramuka mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai membuka acara Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur hari ini. Acara ini juga sekaligus memperingati hari lahir Pramuka yang ke-55.


"Kegiatan-kegiatan di Pramuka harus lebih digiatkan lagi karena kalau kita lihat tadi anak-anak muda semuanya ingin sekali ikut dalam kegiatan-kegiatan Pramuka. Yang hadir pagi ini 25 ribu dari seluruh Kabupate/Kota/Provinsi yang ada di Indonesia. Semuanya mengirim delegasinya dan kita lihat semuanya memiliki gagasan masing-masing, ada kegiatan masing-masing," kata Jokowi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.


Meski demikian, Jokowi berpesan agar anggota Pramuka tidak menyalahgunakan media sosial untuk hal-hal negatif. Kata dia, media sosial saat ini justru malah dijadikan sarana untuk mencela dan menjelek-jelekan pihak lain.


"Itu bukan budaya kita, dipakai untuk mencela orang, dipakai untuk  merendahkan yang lain, dipakai untuk mengejek-ngejek yang lain, nggaklah. Marilah kita gunakan medsos itu untuk komunikasi yang positif, komunikasi yang produktif dari ujaran-ujaran yang disampaikan dalam medsos," ujarnya.


Melalui peringatan Hari Pramuka tahun ini, Presiden Joko Widodo juga berharap Gerakan Pramuka menemukan momentumnya agar kembali diminati sebagai ajang pembelajaran muda-mudi Indonesia. Oleh karenanya, dia memerintahkan, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault agar pembinaan anak muda melalui kegiatan Pramuka lebih digiatkan lagi.


"Dan saya kira inilah sebuah pertukaran kegiatan antar kabupaten dan provinsi juga antar sembilan negara yang lain yang juga ikut bargabung dalam kegiatan Jambore Nasional yang diadakan di Cibubur ini," tegasnya.

Baca juga: [Beking Narkoba] Wapres Dinilai Remehkan Informasi Freddy Budiman

Editor: Sasmito

  • Presiden Jokowi
  • pramuka
  • jambore

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!