Bekraf Fasilitasi Ahlijasa Ikut Lomba Piala Dunia Startup di Silicon Valley

"Kami percaya akan mendengar kisah sukses dari startup Indonesia berikutnya, setelah ada Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya,"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 24 Agus 2016 08:39 WIB

Author

Rio Tuasikal

Bekraf Fasilitasi Ahlijasa Ikut Lomba Piala Dunia Startup di Silicon Valley

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Bekraf, Triawan Munaf dalam acara sosialisasi Startup World Cup di Jakarta. (Foto: bekraf.go.id)



KBR, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan memfasilitasi perusahaan startup (usaha rintisan berbasis teknologi) Indonesia untuk bertarung dalam kejuaraan dunia StartUp World Cup di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Janji itu disampaikan Deputi II Bekraf, Badjar Hutomo, menanggapi perusahaan rintisan/startup Ahlijasa yang memenangkan lomba Startup World Cup regional Indonesia dalam final di Jakarta.

Ahlijasa merupakan jasa digital layanan jasa rumah tangga, meliputi jasa laundry, servis AC, dan pembersihan rumah.

Bekraf akan memfasilitasi Ahlijasa untuk mengikuti grandfinal Start-Up World Cup di Amerika Serikat untuk memperebutkan hadiah 1 juta dolar AS.

Fadjar Hutomo mengatakan startup Indonesia harus didukung serius agar bisa bertanding di kancah global.

"Kami berharap dan percaya kita akan mendengar kisah sukses dari startup Indonesia berikutnya, setelah ada Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya," kata Fadjar Hutomo di Jakarta, Selasa (23/8/2016) sore.

"Itulah kenapa kami di Bekraf sangat mendukung. Kata kuncinya adalah bagaimana membangun ekosistem start up di Indonesia,” tambahnya.

Fadjar Hutomo menambahkan, startup di Indonesia masih didominasi sektor e-commerce atau jual beli online. Namun, berbagai bidang lain juga mulai berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat.

"Saya percaya banyak permasalahan yang masih membutuhkan solusi lewat startup," jelasnya.

Dalam mendorong kebangkitan usaha rintisan berbasis teknologi (startup), Bekraf memiliki program pendanaan bernama Dana Ekonomi Kreatif (Dekraf), juga BEKUP yang merupakan program inkubator usaha.

Startup World Cup (SWC) di Indonesia diikuti 600 perusahaan rintisan di bidang industri kreatif digital. Mereka disaring menjadi 10 besar, ditambah enam tim yang dijaring melalui roadshow di enam kota.

SWC juga dilangsungkan di 15 wilayah lain. Para pemenang regional akan datang ke Silicon Valley Amerika Serikat, Maret 2017 dan mempresentasikan produk mereka di hadapan para investor.

Baca: Siapkan Para Perintis Usaha Digital, Bekraf Siapkan BEK-UP

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri

Wapres Bicara Vaksinasi untuk Lansia