TNI dan Petani Bentrok, Komnas HAM Segera Kirim Tim ke Kebumen

Kata dia, bila terbukti, pelaku kekerasan harus diproses secara hukum.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 22 Agus 2015 21:35 WIB

Author

Ninik Yuniati

TNI dan Petani Bentrok, Komnas HAM Segera Kirim Tim ke Kebumen

Komnas HAM (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan mengirim tim ke Kebumen, Jawa Tengah, pascabentrok antara TNI AD dan petani. Ketua Komnas HAM Hafid Abbas mengatakan, timnya akan menyelidiki penyebab insiden yang dipicu konflik agraria yang berlarut-larut di daerah tersebut. Bila terbukti, kata dia, pelaku kekerasan itu harus diproses secara hukum.

"Di Subkom (Sub Komisi,red) Pemantauan tentu akan mengirim tim untuk melihat tepatnya karena Kebumen kan tidak jauh, besok atau lusa kami mengirim tim ke sana. Kami kan harus melihat pihak-pihak terkait, kenapa terjadi insiden begini dan institusi TNI ini kan, harus dilihat satu sistem, apakah memang ada kaitannya dengan pimpinan yang lebih tinggi, kenapa di lapangan terjadi kejadian seperti itu, apakah ada unsur pembiaran, atau kasus-kasus lain yang memicu terjadi," kata Hafid Abbas saat dihubungi KBR, (22/8).

Kemarin, bentrokan terjadi antara TNI AD dengan petani Pesisir Urut Sewu, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jawa Tengah karena konflik lahan. Bentrokan tersebut menyebabkan puluhan orang terluka, empat di antaranya luka parah dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Kebumen dan Puskesmas Mirit. Bentrokan terjadi setelah warga memprotes pemagaran lahan oleh TNI karena dinilai tidak memiliki dasar hukum.


Editor: Sindu D

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi