BERITA

Tiga Gunung di Jawa Masih Terbakar

"Tiga gunung yang masih belum dapat dipadamkan hingga saat ini adalah Gunung Ceremai, Gunung Lawu dan Gunung Kawi."

Wydia Angga

Tiga Gunung di Jawa Masih Terbakar
Ilustrasi kebakaran gunung. (Foto: Commons Wikimedia)

KBR, Jakarta - Dari keenam kawasan gunung yang mengalami kebakaran, tiga gunung diantaranya masih belum bisa di padamkan.

Sejak tanggal 20 Agustus akhir pekan lalu, Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) mencatat kebakaran kawasan hutan dan lahan di sebanyak enam gunung di Pulau Jawa yaitu: Gunung Merbabu, Gunung Kawi, Gunung Slamet, Gunung Sumbung, Gunung Lawu, Gunung Ceremai.


Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tiga gunung yang masih belum dapat dipadamkan hingga saat ini adalah Gunung Ceremai, Gunung Lawu dan Gunung Kawi.


"Ketiga gunung tersebut masih belum bisa dipadamkan meskipun tinggal api sedikit tetapi masih mengeluarkan asap," kata Sutopo Purwo Nugroho kepada KBR (23/8/2015).


Sutopo menambahkan, pemadaman terus dilakukan lewat darat dengan mengerahkan personel dari BPBD, Dinas Kehutanan, TNI, Polri dan relawan masyarakat. Ia menyebutkan bahwa wilayah yang terbakar adalah daerah yang minim air serta akses yang terbatas sehingga pemadaman dilakukan dengan cara manual menggunakan ranting dan menabur tanah di daerah tersebut.


Editor: Agus Luqman 

  • BNPB
  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana
  • kebakaran hutan
  • kebakaran lahan
  • kebakaran gunung
  • gunung terbakar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!