BERITA

Segera Hadir: Keppres Satgas Masyarakat Adat

"AMAN memaparkan, rekonsialiasi masyarakat adat di Indonesia dengan pemerintah mengalami perkembangan yang sangat pesat."

Lulu Zuhriyah

Segera Hadir: Keppres Satgas Masyarakat Adat

KBR, Jakarta- Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) memaparkan, rekonsialiasi masyarakat adat di Indonesia dengan pemerintah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setelah berhasil menemui Presiden Jokowi untuk melakukan audiensi terkait masalah-masalah masyarakat adat pada 25 Juni lalu, AMAN mendapatkan persetujuan Presiden untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Masyarakat Adat yang akan menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat adat.

Staf Khusus Sekretaris Kabinet, Jaleswari Pramodhawardani mengatakan Satgas Masyarakat Adat ini sedang menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres).

"Draft Satgas Masyarakat Adat ini jika ini kemudian diputus dengan keputusan presiden adalah sebuah proses yang kita tunggu semuanya, bagaimana kewarganegaraan, bagaimana hak-hak warga negara yang dalam hal ini adalah masyarakat ada mendapat perlindungan dan mendapat pengakuan dari negara," tuturnya saat menghadiri konferensi pers Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia dan Festival Nusantara, siang ini (05/08) di bilangan Sudirman.


Presiden Jokowi juga menyambut baik pembentukan Satgas tersebut. Alasannya karena Presiden menyadari bahwa terjadi kriminalisasi pada masyarakat adat yang harus segera dihentikan 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • yaman
  • rekonsialiasi masyarakat adat
  • audiensi masyarakat adat
  • satgas masyarakat adat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!